November 24, 2017

6 Tempat Paling Hits Di Kawasan Wisata Baturaden Purwokerto

Kawasan Wisata Baturaden berada di bagian selatan Gunung Slamet. Tidak hanya mempunyai pemandangan alam yang cantik saja, tapi Baturaden juga lekat dengan cerita legenda yang sangat terkenal yaitu legenda Lutung Kasarung. Kawasan Wisata Baturaden berada di bagian utara Purwokerto atau lebih tepatnya di bagian selatan kaki Gunung Slamet. Di karenakan letak nya ini lah yang membuat kawasan ini mempunyai udara yang begitu sejuk.

Kawasan Wisata Baturaden termasuk kawasan wisata populer yang banyak digemari khususnya bagi para wisatawan domestik. Apalagi pada musim liburan akan ada banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Baturaden ini. Sehingga pihak pemerintah setempat pun membangun fasilitas penginapan, seperti villa dan hotel yang banyak di bangun di daerah ini. Baturaden sendiri bisa ditempuh memakai kendaraan pribadi ataupun dengan kendaraan umum. Kawasan wisata ini dari pusat kota Purwokerto hanya memakan jarak hingga 15 km saja dan bisa ditempuh selama 15 menit.

Jika Anda ingin memakai kendaraan umum, para wisatawan bisa menggunakan angkutan kota yang ada di terminal kota Purwokerto lalu turun lagi di terminal Baturaden. Anda juga bisa menggunakan taksi agar lebih praktis, namun tentunya tarif menggunakan taksi lebih mahal dibandingkan menggunakan angkot.

Theater-Alam-Baturaden
Theater-Alam-Baturaden

Berikut 6 Obyek Wisata Yang Hits Dan Populer Di Kawasan Wisata Baturaden :

1. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden
Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden merupakan pemandian air panas yang mengandung belerang. Pemandian air panas ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Suhu air di pemandian Pancuran Pitu dan Pancuran Telu ini berkisar antara 60 sampai dengan 70 derajat Celcius.
Kedua pancuran ini adalah salah satu lokasi wisata terfavorit dan juga paling terkenal di Baturaden. Selain berendam air panas sambil menikmati pemandangan pegunungan yang hijau, Anda juga bisa mencoba pijat sulfur dengan harga 7.500 Rupiah tiap 15 menit. Pemandian air panas di sini juga dipercaya bisa membantu menyembuhkan penyakit kulit.

2. Telaga Sunyi
Telaga Sunyi terletak di pusat wisata Baturaden. Telaga sunyi merupakan sebuah mata air yang sangat jernih. Air di sini juga sangat dingin dan segar. Sayangnya jika Anda berkunjung ke telaga ini, Anda dilarang untuk berenang atau mandi. Larangan ini diberlakukan sebagai wujud menjaga keselamatan para wisatawan yang berkunjung.

3. Bumi Perkemahan
Selain pemandian air panas dan telaga, di Baturaden juga terdapat bumi perkemahan atau camping ground yang biasanya sering digunakan sebagai tempat untuk outbond. Pada tahun 2001, camping ground ini pernah menjadi lokasi Jambore Nasional Gerakan Pramuka.

4. Kaloka Widya Mandala
Kaloka Widya Mandala merupakan kebun binatang yang juga digunakan sebagai tempat wisata edukasi. Tempat wisata ini diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Banyumas H. Djoko Sudantoko pada tanggal 17 mei 1995.

Di Kaloka Widya Mandala terdapat berbagai macam spesies binatang yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Beberapa spesies hewan yang ada dalam taman ini antara lain orang utan, elang, ayam kate, ayam mutiara, rusa, beruk, buaya, ular, kaswari, sapi kaki lima, kambing kaki tiga, landak, iguana, cendrawasih, kelelawar, gajah, monyet, dan beberapa satwa langka lainnya.

5. Theater Alam Baturaden
Anda bisa menikmati pengalaman menarik dengan gaya menonton yang berbeda. Hal ini dikarenakan teater yang ditawarkan di kawasan wisata ini berbentuk pesawat. Adapun bentuk pesawat ini menyerupai jenis pesawat Foxer 28 yang dimiliki maskapai penerbangan garuda Indonesia.
Pesawat ini berdiri tepat di bagian atas tanah dengan luas sekitar 600 meter, yang mana pesawat jenis Foxer ini berlokasi di pintu masuk samping Baturaden. Namun di teater ini,

Anda tak bisa menyaksikan tayangan film layar lebar layaknya bioskop di mall-mall kota besar melainkan tontonan yang menceritakan tentang kekayaan budaya dan sumber daya alam di Indonesia. Misalnya saja berupa tayangan tentang cerita budaya Taman Mini Indonesia Indah, peristiwa meletusnya Gunung Merapi, tragedi tsunami dan lain sebagainya. Sementara, durasi film yang ditayangkan di Teater Alam Baturaden ini berlangsung antara 10-15 menit saja. Jadi, sangat cocok sebagai kawasan wisata edukasi bagi anak-anak. Tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk studytour.

curug gede

6. Wisata Air Terjun Curug Gede atau Curug Bayan
Di lokawisata ini, Anda bisa menikmati keelokan air terjun yang begitu menawan bak lukisan sebuah maha karya yakni di Air Terjun Curug Gede. Lokasi Curug Gede ini hanya berjarak 3 km saja dari tempat wisata di Baturaden, dan terletak di desa Ketenger. Anda juga bisa menyaksikan lempengan batu yang membingkai keindahan air terjun di Purwokerto ini.

No comments:

Post a Comment

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...