January 2, 2018

Tempat Wisata Alam Lembah Sindoro Posong Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

Tempat Wisata Alam Lembah Posong merupakan objek wisata baru di daerah Tlahap Kledung atau jalan utama yang menghubungkan kedua kabupaten antara Temanggung dan Wonosobo. Keberadaannya melengkapi tempat wisata yang ada seperti Pendakian Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dari Kledung. Panorama keindahan alam yang ditawarkan Lembah Posong ini cukup menarik dengan tampilan utama lereng Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro secara bersamaan.

posong

Tempat Wisata Alam Lembah Posong terletak atau ber alamat di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Merupakan objek wisata yang dipelopori masyarakat sekitar sejak awal 2011 dan diminati oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Daya tarik utama tempat ini adalah pemandangan alam dan keindahan matahari terbit (sunrise).

posong 1700 mdpl
Situs Wisata Alam Lembah Posong terletak di lereng Gunung Sindoro yang letaknya tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan kota Temanggung dengan kota Wonosobo. Arahan board ke tempat ini cukup langka dan ukurannya cukup kecil untuk berhati-hati dalam membaca informasi di pinggir jalan. Pemerintah daerah tampaknya tidak melakukan intervensi untuk mengelola kawasan wisata ini dan dilaporkan saat ini dikelola oleh masyarakat sekitar.
kopi posong

Jalan masuk ke Lembah Wisata Alam adalah jalur batu yang telah disusun dan dipadatkan dengan rapi. Lebar jalan cukup sempit dan hanya bisa dilalui kendaraan roda empat. Jika kendaraan roda empat bertemu dengan solusi dua arah, seseorang harus mengalah dan menemukan tempat yang sedikit longgar untuk dilewati. Jika Anda tidak terbiasa mengemudikan kendaraan roda empat di tempat sempit sebaiknya hanya membawa kendaraan roda dua.
wisata posong

Sesuai arah board menuju Wisata Alam Lembah Posong, kendaraan yang kita kendarai menuju jalan sempit antara rumah-rumah. Beberapa ratus meter, Restribuusi Biaya masuk ini dikelola oleh masyarakat sekitar yang mengelola kawasan Wisata Alam Lembah Posong. Masyarakat sekitar yang bekerja dan mengelola kawasan ini tergabung sebagai kelompok sadar pariwisata desa Posong.

Atraksi Alam Alam Lembah Posong disamping pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro adalah 'watu mlongso' yang merupakan formasi sungai mati letusan Gunung Sindoro dan 'watu kelir'.

Perjalanan dilanjutkan dengan melewati jalan berbatu yang dipadatkan dengan medan yang sedikit menanjak sejauh 3,5 kilometer. Medan jalan cukup berliku dan banyak persimpangan jalan. Kondisi jalan terkadang terasa licin saat basah akibat hujan atau embun akibat kabut gunung. Di sisi kanan jalan ada selokan kecil yang kadang tertutup rumput. Diharapkan pengunjung selalu berhati-hati dan memperhatikan arah board ke Tempat wisata lembah Posong.

Pemandangan yang terlihat saat berwisata ke kawasan wisata Alam Posong ini menarik dan tidak membosankan. Pengunjung akan terhibur dengan pemandangan perkebunan perkebunan yang luas dengan teras yang terlihat apik. Tidak ada bangunan rumah di sepanjang jalan membuat suasananya terlihat alami dan terasa di alam bebas. Beberapa perkebunan dan tanaman pertanian di Lembah Posong ditanam oleh masyarakat setempat seperti kopi, cengkeh, tembakau dan sayuran.

Fasilitas pendukung Wisata Alam Lembah Posong dibangun oleh masyarakat setempat dengan dana swadaya. Fasilitas yang telah dibangun meliputi jalan akses berbatu, kamar mandi umum, masjid, restoran, area parkir, saung atau gasebo, dan berencana membangun rumah semi permanen untuk disewakan bagi wisatawan.

Sepanjang perjalanan kita dapat menikmati pemandangan alam yang indah di perjalanan. Atmosfernya terasa sepi, semilir angin sepoi-sepoi, dan membuat wisatawan betah termasuk kita. Pemandangan seperti ini sangat jarang didapat saat berwisata di tempat wisata yang cukup terkenal dan seringkali penduduk sekitar hanya mengejar keuntungan dari kawasan wisata saja.

No comments:

Post a Comment

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...