September 4, 2017

Curug sewu Sebuah Tempat Wisata Air Terjun Penuh Misteri di Kab Kendal

Anggapan bahwa Wisata Curug sewu masuk dalam wilayah Sukorejo adalah salah, karena Wisata Air Terjun Curug sewu masuk dalam wilayah Desa Curugsewu Kecamatan Patean Kabupaten Kendal.
Banyak sekali terutama para wisatawan luar daerah yang menyebut bahwa Wisata Curug sewu ini masuk dalam wilayah Sukorejo, karena memang akses untuk menuju wisata air terjun Curug sewu yang eksotis ini banyak yang melewati Kota Sukorejo, terutama wisatawan dari arah Batang Pekalongan dan Semarang via Weleri, sedangkan untuk wisatawan yang dari Kota Temanggung tidak perlu melewati Kota Sukorejo.

Asal usul nama air terjun Curug sewu ini memang diambil dari nama Desa tempat wisata ini berada yaitu Desa Curugsewu. Untuk menguak misteri sejarah antara desa curugsewu dan wisata curug sewu ini memang panjang sekali ceritanya, yang jelas wisata Curug sewu ini dulu pertama dibangun dan dikelola oleh Pemerintah Desa Curugsewu, dengan berjalannya waktu sekarang dikelola oleh Pemda Kab Kendal.

curug sewu | air terjun curug sewu | curug sewu kendal

Sebagai tempat wisata dengan air terjun tertinggi dan terlengkap di Jawa Tengah, Curug sewu banyak diminati wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar daerah.

Keindahan Air terjun Curug sewu yang luar biasa bisa anda dapatkan disini, karena Air terjun Curug sewu berbeda dengan wisata Air terjun lainya di Jawa Tengah seperti Curug semawur , Curug Lawe atau Grojogan sewu yang hanya memiliki satu cucuran air terjun saja, sedangkan Air terjun Curug sewu memiliki 3 tingkatan air terjun. Untuk air terjun yang ke 1 memiliki ketinggian sekitar 45 meter, sedangkan yang ke 2 lebih rendah lagi yaitu sekitar 20 meter dan yang ke 3 ketinggianya 15 meter. Total ketinggian air terjun Curug sewu ini sekitar 80 meter.

Misteri dan Mitos Tentang Curug sewu

Banyak sekali Misteri atau Mitos yang ada di Wisata Curug sewu ini, diantaranya Air Tuk lanang, ini berupa Tuk mata air yang muncul diantara celah bebatuan yang hanya berjarak puluhan meter dari air terjun yang pertama, dan air tuk lanang ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Sedangkan Misteri dan cerita mitos lainya tentang Curug sewu yang beredar di masyarakat sekitar Desa Curugsewu adalah,  Di dekat tuk lanang ada sebuah lorong bebatuan yang oleh masyarakat sekitar biasa disebut Gua Genthong, yang dalam cerita yang beredar di masyarakat di situlah Prabu Baladewa melakukan pertapaan. Sedikit lebih jauh lagi dari air terjun kira-kira 400an meter ada sebuah telaga kecil yang disebut Balong biru,karena saking jirnihnya air, sehingga airnya menjadi kelihatan jadi biru, namun menurut legenda birunya air telaga itu dikarenakan Prabu Baladewa dalam cerita pewayangan mencuci senjatanya yang bernama Nenggolo untuk digunakan dalam perang Baratayudha. dan Nenggolo ini juga menjadi nama dusun dimana Wisata Curug sewu ini berada.

Keindahan Wisata Alam Air Terjun Curug sewu

Obyek wisata air terjun Curug sewu sebagai tempat tujuan wisata No 1 di Kabupaten Kendal yang menyajikan keindahan pesona wisata alam air terjun yang eksotis selalu menjadi buruan para wisatawan terutama pada hari hari libur nasional. Tidak hanya wisata alam saja yang disuguhkan bagi wisatawan yang datang, namun berbagai wahana wisata pelengkap seperti taman bermain anak yang lengkap dengan aneka sarana permainan juga kereta mini dan jet coaster, Kolam renang bertaraf Nasional dengan kedalaman 0,5m sampai 3m juga tersedia. Bahkan kebun binatang lengkap dengan aneka satwa dan juga Panggung hiburan yang tiap hari libur nasional dimeriahkan dengan datangnya artis artis Ibu Kota menghibur para pengunjung Obyek wisata air terjun Curug sewu ini.


vespa besar | vespa raksasa | vespa curug sewu | vespa unik

Pertama memasuki gerbang wisata curug sewu Kita akan disambut sebuah monumen Vespa Raksasa, vespa besar di curug sewu ini adalah mahakarya seniman Jawa Tengah dan di letakkan di curug sewu pada Jambore Vespa Nasional yang dihadiri oleh scooteris seluruh nusantara beberapa tahun silam.

gardu pandang curug sewu

taman bermain anak curug sewu
Di atas gardu pandang ini wisatawan bisa menikmati pemandangan lembah hijau nan luas bahkan kota semarang pun terlihat dari gardu pandang curug sewu. Pada musim tertentu Para pengunjung wisata curug sewu akan menemukan gerombolan kera hutan yang jinak dan berbaur dengan wisatawan. Kera kera ini biasanya akan meminta makanan atau jajanan yang sedang dinikmati para pengunjung wisata curug sewu ini. 

Akses menuju Wisata Curug sewu di Kecamatan Patean - Kendal

>Dari Jogja - Magelang -Temanggung -  Parakan - Patean - Curug sewu
>Dari Purwokerto - Wonosobo - Parakan (sda)
>Dari Semarang - Kendal - Weleri - Sukorejo - Curug sewu
>Dari Pekalongan - Weleri - Sukorejo - Curug sewu

Untuk Tiket masuk wisata curug sewu biasanya berubah ubah jika pada hari libur dan pada even even tertentu, Jika anda ingin mendekati Air terjun juga akan dikenakan tiket lagi oleh Petugas Perhutani yang berjaga di jalan setapak dekat air terjun curug sewu, begitu juga jika anda akan memasuki beberapa wahana seperti kebun binatang dan kolam renang, anda juga akan dikenakan biaya tiket masuk lagi.

Peta Curug sewu
Peta Map di bawah adalah Jalan menuju Curug sewu dari Weleri Kendal


Jika Anda berwisata ke obyek wisata air terjun curug sewu, ada satu lagi wisala alam Baru di Desa Curugsewu yaitu Wisata "Permata Bukit Kendeng" wisata bernuansa alam ini menyajikan pemandangan bukit nan indah dengan dilengkapi beberapa Rumah Pohon.

rumah pohon bukit permata kendeng curug sewu

Bagi muda mudi yang hobi jeprat jepret selfie , wisata rumah pohon Permata bukit kendeng ini sangat cocok karena latar belakang wisata baru di curug sewu ini sangat bagus dan eksotis pemandanganya.

Tidak jauh dari Curug sewu juga ada wisata agro yaitu Taman Buah Plantera Ngebruk, disitu anda bisa menikmati keindahan alam Kebun Buah yang lengkap dengan aneka buah buahan segar, anda bisa mengelilingi kebun buah dengan menaiki mobil khusus yang disediakan oleh pihak pengelola Taman Buah Plantera Ngebruk dan juga bisa menikmati semua buah buahan yang ada di Taman Buah Plantera Ngebruk.

Letaknya di Jl Raya Sukorejo Boja KM 15 Jarak tempuh dari Curug sewu ke Taman Buah Plantera Ngebruk hanya sekitar 15 menit, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Taman Buah Plantera Ngebruk ini terletak di Desa Sidokumpul Kec Patean Kendal.
Selamat menikmati Misteri keindahan Wisata Di Curug Sewu

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...