July 30, 2017

Lokasi Rute Dan Tiket Pantai Pok Tunggal Jogjakarta

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta tepatnya berada di daerah gunung kidul, merupakan pantai dengan pemandangan indah dan masih alami. Letaknya berada di jajaran pantai gunung kidul lainnya yang sudah terkenal seperti pantai indrayanti. Tentunya ini semakin meyakinkan bahwa kawasan gunung kidul sebagai gudangnya wisata pantai yang unik di pulau Jawa.

Selain pohon duras yang populer sebagai spot foto-foto, bukit karst yang mengelilingi pantai layaknya beteng juga menambah kesan indah dari pantai Pok Tunggal. Uniknya jika bukit karst ini dilihat dari sisi barat maka akan tampak seperti buaya yang moncongnya menghadap ke laut selatan.
Pantai Pok Tunggal | wisata jogja | wonderful Indonesia

Asal usul nama Pok Tunggal sendiri sebenarnya terdapat dua versi. Pertama, berasal dari nama Kelompok Tunggal, yakni kelompok yang merintis dan mengelola pantai ini menjadi obyek wisata hingga seperti saat ini. Sedangkan kedua mengatakan bahwa nama Pok Tunggal berasal dari kata Tuk Tunggal, yang artinya satu satunya sumber mata air. Di tempat ini memang terdapat sumber mata air yang berada di sebelah barat pantai. Tuk ini berada di bawah pohon Ambal yang airnya bersih, dan kini digunakan sebagai sarana kebutuhan sehari – hari masyarakat sekitar.

Ada versi lain juga yang mengatakan, Nama Pok Tunggal sendiri memang diambil karena lokasi pantai yang hanya ada satu pohon langka dan masih berdiri kokoh yakni Pohon Duras (Pok Tunggal). Dan satu lagi yang paling mempesona dari pantai ini adalah adanya mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah. Menjadi ciri khas tanah daerah karst. Air inilah yang dijadikan sebagai sumber air bagi penduduk setempat.
Pantai Pok Tunggal | wisata jogja | wonderful Indonesia

Pantai pok tunggal bercirikan khas pantai berpasir putih bersih dan lembut, dan ombak yang cukup besar. Pantai ini di apit oleh dua bukit ; bukit tirta pok tunggal asri disebelah barat dan bukit panjong di sebelah timur. Pemandangan sunset dari pantai ini sudah cukup dikenal keindahannya.
Dari dua bukit ini rekan-rekan bisa melihat keseluruhan area pantai pok tunggal dengan lebih lega. Terdapat ikon unik berupa pohon duras dan mata air yang menjadi ciri khas dari area pantai ini. Barisan tebing karang yang terdapat di sekitar pantai juga mempesona.

Lokasi pantai pok tunggal

Lokasi pantai pok tunggal terletak di desa tepus, kec. tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Berada tidak begitu jauh dari pantai lain yang lebih terkenal seperti pantai indrayanti dan pantai siung. Jarak tempuhnya kurang lebih 50 KM dari Wonosari, kurang lebih 2-3 jam perjalanan dari kota Yogyakarta. Bisa jadi alternatif tambahan buat anda yang berlibur ke jogja.

Rute mmenuju Pantai Pok tunggal

Dari pusat kota Yogyakarta ke lokasi pantai berjarak sekitar 70 km. Perjalanan ini dapat menghabiskan waktu sekitar dua jam perjalanan apabila ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi.
Rute Pantai Pok Tunggal Wonosari Jogja menggunakan kendaraan pribadi: Yogyakarta – Piyungan – Patuk, Sambipitu –Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi– Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jl. Girisubo – Wonosari – Jl. Saptosari – Tepus – Pok Tunggal. Atau: Yogyakarta – Imogiri, Panggang – Jl. Saptosari – Tepus Arah ke Pantai Baron. Di pertigaan sebelum Pantai Baron ambil kiri, menuju ke arah Pantai Indrayanti. Dari pertigaan kawasan Pantai Indrayanti ambil kiri dan ikuti jalan aspal hingga tiba di Pos Retribusi.

Rute Pantai Pok Tunggal dari Klaten – Prambanan – Ambil kiri di pertigaan Jl Solo Prambanan menuju Jl Wonosari – Patuk – Sambipitu – Hutan Bunder – Wanagama – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi – Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jalan Girisubo – Wonosari – Jalan Saptosari – Tepus – Pok Tunggal. Untuk Rute Pantai Pok Tunggal dari Solo sama dengan rute dari klaten.

Beberapa meter dari pos tersebut akan terlihat papan petunjuk arah ke lokasi Pantai Pok Tunggal Wonosari. Nah, usai itu, tinggal ikuti saja petunjuknya hingga tiba di jalan cor kecil atau jalan batu. Maka dai sinilah Pantai Pok Tunggal sudah terlihat. Sejauh ini belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke Pantai Pok Tunggal. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Hanya bisa berhenti sampai di Terminal Wonosari. Dengan bus, keberangkatannya bisa dari Terminal Giwangan Yogyakarta (biayanya sekitar Rp 6.000) dan perjalanan dengan menggunakan ojek biayanya sekitar Rp 20.000 atau tergantung kesepakatan.

Harga tiket di Pantai Pok Tunggal sebagai berikut :


  • Harga Tiket Masuk - Rp. 10.000 per orang
  • Harga Sewa Tenda Dome - Rp. 60.000 per tenda
  • Harga Sewa Payung Pantai - Rp. 20.000 per payung

Pastinya berada di pantai Pok Tunggal akan membuat anda dapat merasakan petualangan alam yang sesuangguhnya, dan pastinya akan ketagihan dengan beragam keindahan dari pantai Pok Tunggal ini.

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...