April 26, 2017

7 Keindahan Pesona Wisata Pantai Sanur Bali

Sanur terletak sekitar 6 km timur pusat kota Denpasar, dengan akses jalan yang bagus, kawasan Sanur sangat mudah untuk anda kunjungi. Daya tarik pantai Sanur sebelah Utaranya melingkar seperti setengah lingkaran dan bagian Selatannya berbelok dari Timur ke Barat, dimana gelombang air lautnya tak begitu besar dan bila airnya surut terlihatlah batu karang yang membentang berwarna-warni. Pasir di pantai Sanur berwarna putih dan air laut cenderung dangkal. Selain itu, anda akan banyak melihat perahu traditional nelayan yang berjajar di pinggir pantai Sanur. Perahu-perahu tersebut memiliki warna yang menarik dan indah untuk dilihat. Di sebelah Tenggara terlihatlah gugusan pulau Nusa Penida di seberang laut dan di sebelah Timur kelihatan panorama pantai Selatan Pulau Bali dengan gunungnya.
sunrice pantai sanur | Wonderful Indonesia


Pantai Sanur dikenal sebagai Sunrise beach (pantai Matahari terbit) sebagai lawan dari Pantai Kuta. Karena lokasinya yang berada di sebelah timur pulau Bali, maka pantai Bali ini menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise atau Matahari terbit. Hal ini menjadikan tempat wisata ini makin menarik, bahkan ada sebuah ruas di pantai Sanur ini yang bernama pantai Matahari Terbit karena pemandangan saat Matahari terbit sangat indah jika dilihat dari sana.

Sepanjang pantai Bali ini menjadi tempat yang pas untuk melihat Matahari terbit. Apalagi sekarang sudah dibangun semacam sanderan yang berisi pondok-pondok mungil yang bisa dijadikan tempat duduk-duduk menunggu Matahari terbit. Selain itu, ombak di pantai ini relatif lebih tenang sehingga sangat cocok untuk ajang rekreasi pantai anak-anak dan tidak berbahaya.

Selain itu, pengunjung bisa melihat Matahari terbit dengan berenang di pantai. Sebagian kawasan pantai ini mempunyai pasir berwarna putih yang eksotis. Dilengkapi dengan pohon pelindung, pengunjung bisa duduk-duduk sambil menikmati jagung bakar ataupun lumpia yang banyak dijajakan pedagang kaki lima.

Selain untuk melihat sunrise, pantai Sanur juga sering digunakan oleh fotografer profesional untuk mengambil foto pre wedding, dengan latar belakang matahari terbit, serta perahu traditional yang bewarna-warni.

Karena ombak di pantai Sanur sangat tenang, maka pantai Sanur lebih banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas snorkeling dan menyelam. Jika anda ingin melakukan surfing, pantai Sanur tidak cocok untuk anda. Garis pantai Sanur terbentang sejauh 8 kilometer, perbatasan pantai Sanur paling utara adalah pantai Padang Galak. Sedangkan perbatasan paling selatan adalah kawasan hutan mangrove.

Dengan bentang garis pantai yang sangat panjang, maka ada 7 nama pantai di kawasan Sanur. Apa saja 7 nama pantai yang ada di kawasan objek wisata Sanur Bali?


  • Pantai Merta Sari Sanur.

    Diantara semua pantai yang ada di sanur, Pantai Mertasari memiliki ciri khas tersendiri yaitu kita bisa menyaksikan matahari tebit sekaligus matahari terbenam seperti pantai Candidasa. Pada pagi hari kita bisa menyaksikan keindahan matahari terbitnya di ufuk timur, sedangkan pada sore hari kita bisa menyaksikan matahari tenggelam. 
     
    Pantai Merta Sari Sanur. | Wonderful Indonesia
    Bagaimana akses menuju pantai Mertasari ? Untuk mengakses pantai Mertasari sangatlah mudah karena sudah bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. JikaAnda datang dari kawasan Bandara Ngurah Rai hanya memerlukan waktu tidak lebih 30 menit dengan melalui jalan tol Bali Mandara kemudian lewat jalan by pass Ngurah Rai. 
    Pantai Mertasari terletak di Jalan Tirta Empul Sanur, atau bisa juga lewat Jalan Suka Merta kemudian ke Jalan Pengembak Sanur. Untuk mencapai lokasi pantai dapat melalui Jalan Danau Poso Sanur kemudian belok ke selatan menuju Jalan Pengembak dan langsung tembus ke pantai. Alternatif lain untuk menuju pantai ini melalui jalan Danau Poso belok ke selatan menuju Jalan Sekar Waru kemudian belok kanan lalu ketemu pertigaan dengan pohon beringin besar di tengahnya lalu belok ke kiri dan sampailah di Pantai Mertasari. 
    Untuk pemandangan di pantai ini juga tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya yang ada di Bali. Pantai ini memiliki pasir putih dan batu karang yang berjejer dengan rapi yang menambah keindahan pantai ini. Jika Anda ingin menikmati serunya main kano maka di pantai mertasari juga tersedia jasa penyewaan kano. Bagi yang hobi memancing, Anda bisa melatih kesabaran Anda untuk memancing mania di pantai ini. Hampir setiap hari hari ada saja pengunjung yang datang ke pantaia ini, baik untuk bersantai ria, sambil mandi, berenang, berendam atau berjemur di pasir yang putih.
     
  • Pantai Semawang Sanur.

    Pantai Semawang merupakan salah satu pantai yang menyajikan keindahan pemandangan alam berupa matahari terbit. Pengunjung juga bisa dengan nyaman dalam melakukan aktivitas yang berhubungan dengan bermain ombak di area pantai. Ini dikarenakan ombak yang ada di pantai ini termasuk ombak yang kecil, sehingga jika pengunjung ingin mengajak anak – anak untuk bermain ombak pantai, mereka akan merasa aman dari bahaya gelombang pantai. Keindahan, kenyamanan, dan kecilnya gelombang yang dimiliki oleh pantai ini akan sangat menyenangkan digunakan sebagai wisata untuk keluarga. 
Pantai Semawang Sanur. | Wonderful Indonesia
     
    Pantai Semawang selain indah lautnya juga pantai yang memiliki pasir yang putih. Lokasi pantai yang dekat dengan pusat kota menjadikan pantai ini hampir tiap hari selalu ramai dengan pengunjung. Keindahan matahari terbit di pantai ini menjadikan banyak fotografer yang menunggu saat – saat matahari terbit dengan para wisatawan yang juga ingin menikmati pemandangan indahnya matahari terbit di pantai yang satu ini. Pengunjung juga bisa menikmati indahnya pantai bergelombang kecil ini dengan menyewa kano yang harganya juga relatif murah.
  • Pantai Batu Jimbar Sanur.

  • Pantai yang tenang dengan garis pantai yang landai. Namanya Pantai Batu Jimbar. Pantai ini terletak di selatan pantai Sanur pada garis pantai yang sama. Namun yang membedakan arus ombaknya tak sekeras di Pantai Sanur atau pantai-pantai lainnya. Tenang, airnya jernih dengan bentangan pasir putih.
Pantai Batu Jimbar Sanur | Wonderful Indonesia
     
    • Pantai Karang Sanur.

    • Tempat wisata pantai karang sanur menyajikan keindahan laut yang dihiasi oleh pasir putih. Begitu memasuki area pantai maka Anda akan disambut dengan pasir putih yang luas dengan air laut yang tenang dengan ombak yang kecil seperti riak-riak air danau. Ombak yang kecil bahkan kadang-kadang tidak ada, sangat cocok untuk rekreasi keluarga. Pantai Karang sangat ramah dengan anak-anak sehingga pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan yang mengajak anak-anaknya. Sambil berenang biasanya wisatawan yang datang ke sini menyewa sebuah kano. 
    Pantai Karang Sanur | Wonderful Indonesia
      Banyak tersedia jasa penyewaan kano dengan harga terjangkau. Cukup dengan membayar Rp 10.000,00 para pengunjung bisa menggunakan fasilitas kano tersebut. Jika Anda memiliki hobi memancing, maka di pantai karang dapat menyalurkan hobi Anda bersama para anggota Kelompok Nelayan Pantai Karang. Pantai ini bernama pantai karang karena pantai ini banyak terdapat batu karang sehingga untuk memudahkan mengingat nama pantainya maka pantai ini dinamakan pantai karang. 
      Tempat wisata pantai karang dilengkapi dengan pohon pelindung sehaligus sebagai perindang sehingga pada siang hari Anda bisa berteduh di bawah pohon tersebut sambil menikmati keindahan panorama yang ditawarkan. Jika Anda datang ke pantai karang, anda cukup membayar karcis parkir kendaraan sebesar Rp 2.000,00 untuk kendaraan bermotor dan membayar Rp 4.000,00 untuk mobil yang dikelola oleh desa adat setempat. Sedangkan untuk pengunjung tidak dipungut bayaran sama sekali alias gratis. 
      Di pagi hari pantai ini dijadikan spot untuk menyaksikan matahari terbit. Sekitar pukul 06.00 para pengunjung sudah memadati kawasan pantai karang ini baik yang sekedar hanya ingin melihat fenomena tersebut atau sengaja ingin mengabadaikan momen-momen terbitnya sang surya. Sedangkan pada siang hari pantai ini diramaikan oleh pengunjung dari mancanegara yang ingin “bermandikan" sinar matahari. Sore hari pantai ini biasanya dipadati oleh pengunjung lokal yang ingin melepaskan lelahnya atau sekedar duduk-duduk di pinggir senderan pantai atau di gazebo yang sudah disediakan oleh pemerintah setempat. Yang paling unik dari pantai karang yakni terdapat dua gazebo atau pondok kecil yang kembar. Pada saat air laut pasang maka gazebo kembar ini akan terpisah dengan daratan, sedangkan jika air laut surut Anda bisa berjalan kaki untuk menuju gazebo kembar tersebut. 
      Jika Anda kebingungan mencari pantai karang maka hal yang paling mudah dicari dan diingat ialah gazebo kembar ini. Gazebo kembar ini merupakan icon dari Pantai Karang. Tempat wisata Pantai Karang yang terletak di Jalan Pantai Karang, Banjar Batu Jimbar, Desa Adat Intanan, Kelurahan Sanur, Denpasar, Bali. 
      Untuk dapat sampai di Pantai Karang ini anda hanya memerlukan waktu kira-kira 20 menit dengan jarak tempuh lebih kurang 7 km perjalanan dari kota Denpasar. Jika Anda datang dari kawasan bandara Ngurah Rai hanya memerlukan waktu kurang lebih 35 menit atau menempuh jarak kurang lebih 18 km agar sampai di Pantai Karang. Dengan melalui Jalan Tol Bali Mandara kemudian ke Jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai menuju kawasan Sanur. Dengan memutar arah kendaraan di depan Restoran Mezzo di kawasan Sanur arahkan kendaraan Anda menuju jalan Bet Ngandang II kemudian. Di pertigaan belok ke kiri menuju jalan Danau Poso. Kira-kira 200 m lagi akan menemukan perempatan kemudian belok ke kiri menuju Jalan Danau Tamblingan. Dengan menyusuri jalan Danau Tamblingan kira-kira 1,4 km akan menemukan plang petunjuk arah menuju Pantai Karang atau plang “TO PANTAI KARANG”. Ikuti jalan tersebut maka Anda akan sampai di Pantai Karang.  
      Adapun objek wisata yang dekat dengan pantai Karang yakni Pantai Matahari terbit, Pantai Bali beach, Pantai Segara Ayu, Pantai Sindhu, Pantai Semawang, pantai Mertasari, Pantai Pengembak, Pantai Padang Galak, Pura Maospahit, prasasti Blanjong, Museum Bali, Museum Le Mayur, Museum sidik jari, Puri denpasar, Puri, Pamecutan, Puri Kesiman, Puri jero Kuta, Pura Jagatnatha, Pura Sakenan, Taman Budaya (art Center), Monumen Bajra Sandhi, Taman Puputan Badung, Pasar Badung, Pasar kumbasari, pasar kreneng, pasar burung, pasar sanglah, pasar sindhu, hutan mangrove, jogging track kertalangu, dan konservasi penyu di pulau serangan.
      • Pantai Segara Ayu Sanur.

      • Pantai Segara Ayu, menawarkan beragam keindahan yang layak anda nikmati, terletak di wilayah Denpasar tepatnya di Br. Taman, Sanur, dari Bandara sekitar 30 menit perjalanan, suasana pantainya tenang serta menjanjikan kedamaian kepada setiap pengunjungnya, itu sebabnya banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama yang menginap di hotel kawasan Sanur, bahkan kalau saat akhir pekan ataupun liburan sekolah, banyak dikunjungi warga lokal, menjadi tempat favorit untuk bersantai ataupun melepaskan penat. 
      Pantai Segara Ayu Sanur | Wonderful Indonesia
         
        Sebagai objek wisata di Bali , sudah tentu wilayah ini memiliki penunjang fasilitas pariwisata lengkap, seperti hotel, restaurant, bar, cafe, butik, artshop, serta banyak lagi lainnya, bahkan dermaga penyebrangan fast boat atau kapal cepat ke Gili Trawangan , Nusa Dua dan Lembongan bisa anda dapatkan di sini. Keindahan Pantai Segara Ayu, memang menjadi magnet alam untuk menarik pengunjungnya, pesisirnya menghadap ke Timur sehingga menjadikannya tempat indah untuk menyaksikan panorama matahari terbit, sensasional sekali, disaat melakukan aktifitas joging ataupun jalan-jalan menikmati segarnya angin laut, dibarengi suguhan sunrise memberikan kehangatan serta kedamaian pikiran, untuk memulai aktifitas berikutnya. 
        Pantainya berpasir putih, cocok untuk tempat bersantai, bercengkerama bersama keluarga terutama anak-anak tercinta. Air lautnya tenang, pantainya landai sehingga bisa untuk berenang, bermain kanoe, snorkeling juga diving, serta beberapa bagian di wilayah Sanur ini cocok untuk wisata bawah air seperti sea walker .
        • Pantai Sindhu Sanur.

        • Berbeda dengan pantai Kuta yang menyajikan keindahan sunset, Pantai Sindhu justru kebalikannya, di mana pantai ini menawarkan keindahan matahari terbitnya (sun rise). Pagi hari di pantai Sindhu selalu diramaikan oleh para fotografer yang ingin mengabadikan momen-momen munculnya sang surya di balik cakrawala. Dengan warna yang kemerah-merahan sang surya seolah-olah bangkit dari tengah samudra. Tidak hanya fotografer saja yang meramaikan pantai ini dipagi hari, wisatawan lain yang kebetulan menginap di sekitar pantai Sindhu juga ikut menikamti indahnya fenomena tersebut. 
        Pantai Sindhu Sanur | Wonderful Indonesia
           
          Untuk memasuki kawasan pantai Shindu tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, cukup dengan membayar uang parkir sebesar dua ribu rupiah saja untuk sepeda motor dan mobil dikenakan biaya empat ribu rupiah sekali parkir yang dikelola oleh desa adat setempat. Jika ingin menggunakan fasilitas lain seperti main kano, maka Anda harus mengeluarkan uang sepuluh ribu rupiah untuk biaya sewa. Di sini banyak sekali ada jasa penyewaan kano, sehingga anda tidak perlu khawatir jika tidak dapat menyewa kano di pantai ini. Tempat wisata pantai Sindhu berada di Jalan Pantai Sindhu, Desa Sindhu, Denpasar, Bali. Jika Anda datang dari bandara Ngurah Rai hanya memerlukan jarak 17 km atau memerlukan waktu kurang lebih 35 menit. Dengan melalui Jalan Tol Bali Mandara kemudian menuju jalan By Pass Ngurah Rai sampai menemukan plang (tanda) petunjuk arah menuju Pantai Sindhu kemudian belok kanan (jalan .Danau Buyan) lalu belok ke kanan (Jalan Danau Toba) nanti akan menemukan perempatan. Di perempatan ini Anda harus belok ke kiri untuk menuju Jalan Pantai Sindu hingga ke area parkir di pantai Sindhu
          • Pantai Matahari Terbit Sanur.

          • Salah satu pantai yang terkenal di tempat wisata Sanur, bernama pantai matahari terbit.Sanur memiliki kawasan pantai yang sempurna menghadap ke arah Timur, sehingga sangat ideal bagi anda untuk menyaksikan keindahan matahari terbit atau sunrise, posisi pantai ini tentu berlawanan dengan Kuta yang menghadap ke arah Barat dengan suguhan matahari terbenam. Salah satu pantai di Sanur juga dikenal dengan nama pantai Matahari Terbit lokasinya berdekatan dengan hotel Bali Beach. 
          Pantai Matahari Terbit Sanur | Wonderful Indonesia
             
            Keindahan pantai Matahari Terbit ini memang tidak bisa disangkal lagi, selain suguhan pantai berpasir putih dan sejumlah suguhan permainan wisata bahari watersport, yang pertama anda saksikan adalah keindahan panorama sunrise yang membuat anda berdecak kagum. Tidak jarang para pemburu gambar alam yang indah tidak melewatkan momen sunrise tersebut agar bisa diabadikan dengan baik. Karena itulah pantai Matahari terbit ini, sudah mulai ramai dikunjungi, saat pagi hari sekitar pukul 05.30, pengunjung sudah mulai ramai untuk menyasikan keindahan alam tersebut. 
            Kawasan pantai Sanur juga disediakan jogging track sehingga anda bisa berjalan santai ataupun wisata naik sepeda, sambil menikmati udara segar pantai di pagi hari, jalur tersebut dibuat dari Utara ke Selatan melintasi pantai Sindu, pantai Karang sampai ke Semawang. Begitu banyak aktfitas wisata yang bisa anda lakukan di sini. Di beberapa tempat disediakan gazebo untuk pengunjung bisa lebih bersantai. Berikutnya pengunjung bisa bersantai di atas pasir putih, main kano, mandi di pantai dan setelah itu bisa menikmati makanan dan minuman di warung-warung tradisional tepi pantai. Kawasan pantai Sanur memang disukai oleh pengunjung anak-anak, karena disini memberikan keleluasaan bagi mereka untuk berenang di pantai ataupun bermain pasir.


            Walaupun ada 7 pantai di objek wisata Sanur, namun sebagian besar wisatawan lebih populer dengan nama pantai Sanur.

            wonderful Indonesia

            Curug Sewu

            Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...