March 23, 2017

Indahnya Pantai Parangtritis Menyimpan Sejuta Misteri

Sebagai obyek wisata terpopuler dengan berbagai keindahanya  Pantai Parangtritis menyimpan sejuta Misteri. Banyak misteri , cerita dari mulut ke mulut  yang belum terkuak. Pantai parangtritis berada di ujung paling selatan pulau jawa dan langsung terhubung dengan samudera hindia, tepatnya di desa Parangtritis , kecamatan Kretek masuk dalam wilayah kabupaten Bantul DIY ( Daerah Istimewa Yogyakarta )

Pantai Parangtritis | Wonderful Indonesia
Misteri dari nama Parangtritis ini diambil dari sejarah yang berkembang di masyarakat sekitarnya, menurut cerita Pada jaman dahulu ada seorang pelarian dari kerajaan Majapahit yang sampai di di daerah laut berombak besar. Dia bertapa di tempat itu. Banyak air yang “TUMARITIS” atau menetes dari “PARANG” atau celah-celah batu karang. Ia pun lalu menamainya sebagai Parangtritis, atau berarti air yang menetes dari celah batu karang. kemudian berlanjut saat era kerajaan mataram. Raja-raja jawa dipercaya memiliki hubungan khusus dengan sang penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Hubungan itu dipercaya berlangsung hingga sekarang. Bahkan bila Anda membaca srtikel mengenai Wisata Keraton Yogyakarta Anda akan menemukan bahwa pembangunan keraton pun di selaraskan dengan pantai selatan.

Pantai Parangtritis

Cerita misteri lainya yang dipercayai di pantai ini adalah larangan mengenakan baju warna hijau di sekitar wilayah pantai parangtritis. Warna hijau dipercaya sebagai warna kesukaan sang ratu launt selatan, dan juga merupakan warna pakaian bala tentaranya. Memakai warna hijau dipercaya bisa membuat sobat akan tergulung ombak saat berenang di pantai. Entah benar atau tidaknya penulis sendiri tidak tau. Biarlah cerita misteri seperti ini mejadi sebuah cerita untuk anak cucu kita.

Menelusuri keindahan pantai Parangtritis memang tidak ada habisnya, angin sepoi sepoi , cantiknya bukit bukit karang, deburan ombak yang besar , apalagi sekarang pihak pengelola sudah menambah fasilitas pelengkap di area wisata pantai Parangtritis ini, tersedia rental ATV , kereta kuda berikut kuda tunggang, Bagi wisatawan yang datang dari luar kota jika ingin menginap juga tersedia beberapa hotel murah di area wisata pantai Parangtritis.


Untuk tiket masuk wisata pantai Parangtritis
  • Tiket masuk Wisatawan Rp. 5000 / Orang
  • Tiket masuk Mobil         Rp. 5000 / Mobil
  • Tiket masuk S.motor      Rp. 2000 / Motot
  • Tarif sewa Atv                Rp. 50.000 / 15 menit
  • Tarif kereta kuda            Rp. 20.000 / 1 X Putaran
Tarif ini dapat berubah seiring waktu. Selamat berkunjung di pantai Parangtritis

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...