January 25, 2018

Desa Wisata Curugsewu Kendal

Desa Wisata Curugsewu Kendal - Curugsewu adalah Nama sebuah sebuah Desa di wilayah Kecamatan Patean , yang terletak di ujung paling selatan Kabupaten Kendal, kurang lebih 40  Km  arah selatan dari Kota Kendal , Jawa Tengah. Banyak sekali wisatawan dari luar daerah yang salah menafsirkan bahwa Desa Curugsewu ini masuk dalam wilayah Kec Sukorejo, karena memang Kota terdekat dari Curugsewu ini adalah Sukorejo, padahal Desa Curugsewu merupakan Kota Kecamatan Patean, dimana semua aktifitas perkantoran dari kantor Kecamatan, Koramil maupun Polsek berada di Desa Curugsewu.


Desa Wisata Curugsewu

Nama Curugsewu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat/wisatawan di sekitar wilayah Jawa Tengah Khususnya di Kabupaten Kendal. Desa Wisata Curugsewu tidak boleh dipandang sebelah mata, karena memang memiliki pesona dan keindahan alam yang luar biasa di banding desa desa lain di kecamatan Patean kabupaten Kendal.

Desa Curugsewu

Curugsewu memang bukanlah nama baru di dunia pariwisata, keberadaan Curugsewu sudah dikenal dari dulu, tapi banyak wisatawan hanya mengenal Obyek wisata air terjun nya saja.  Di kawasan Desa Wisata Curugsewu kita akan mengenal lebih banyak tempat wisata yang sangat menakjubkan.

Ada Apa Di Desa Wisata Curugsewu ?
Pengembangan dan pembangunan Desa Curugsewu untuk menjadi sebuah Desa Wisata terus di galakkan oleh Pemerintah Desa dibawah komando Kades Curugsewu Bp.Slamet Haryanto, terbukti telah di bangun nya tempat rekreasi baru yaitu sebuah tempat wisata dengan nuansa alam eksotik Berkonsep Rumah Pohon berpadu alam asri dengan latar belakang pemandangan lembah hijau nan luas.

Tempat wisata baru Permata Bukit Kendeng ini berlokasi di dusun Mangunsari Desa Curugsewu Kecamatan Patean - Kendal Jawa Tengah.

Rumah Pohon Permata Bukit Kendeng

Pemerintah desa Curugsewu sedang gencar berbenah, sudah di bangun beberapa Rumah Pohon di area wisata Permata Bukit Kendeng ini. Wisata Rumah pohon memang sedang hits dan banyak dicari oleh wisatawan, terutama wisatawan dari kota kota besar yang menginginkan suasana sejuk dan alami.

Pemandangan lembah hijau nan luas yang disuguhkan oleh Wisata Permata Bukit Kendeng sangatlah cocok menjadi spot yang keren untuk Anda yang mau nikah untuk foto pre weding dan yang suka berfoto atau berselfie ria, dan tentunya foto foto cantik itu bakalan menghiasi dinding facebook ataupun instagram anda .

Rumah Pohon Curugsewu

Meskipun masih baru dan belum sepopuler pendahulunya yaitu Wisata Air Terjun Curug sewu, namun pemandangan Wisata Rumah Pohon di Permata Bukit Kendeng ini tidak kalah cantiknya, malah bisa dibilang lebih asik disini.

Wisata Permata Bukit Kendeng dikembangkan dengan konsep Rumah Pohon , view yang sangat eksotis, tidak heran bila sudah banyak para wisatawan luar kota yang berkunjung disini.
Dari ketinggian Rumah Pohon Permata Bukit Kendeng anda bisa menyaksikan pemandangan lembah hijau nan jauh sekali, bahkan pemandangan keindahan kota Kendal dan Semarang pun terlihat dari sini.

Selain Wisata alam eksotik Permata Bukit Kendeng , sekarang juga sedang di kembangkan yaitu Tempat wisata Pemancingan Unggul Ulam Santoso dan wisata di sekitar bendungan Mangunsari, Untuk wisata ini juga akan disediakan wahana permainan anak.


kolam pancing Unggul ulam Santoso

kolam pancing Unggul ulam Santoso curugsewu

bendungan mangunsari curugsewu

Selain objek wisata di atas masih ada lagi yang tidak kalah menariknya yaitu sebuah tempat Wisata Religi  Makam Kyai Adam  yang sampai saat ini pembangunannya belum selesai. Makam Keramat Kyai Adam berada di Dusun Rowosari , Desa Curugsewu. Makam yang di percaya sebagai makam Ulama besar sekaligus Orang yang pertama kali mejadi penghuni [bubak alas=bhs jawa] di Desa ini sangat di keramatkan oleh warga sekitar. Banyak sekali cerita cerita mistis ataupun misteri yang terjadi di makam yang berada di Desa Curugsewu Kendal ini.

Makam keramat Kyai Adam masih dalam tahap pembangunan, Peletakan batu pertama dilaksanakan  oleh Kades Curugsewu Bp.Slamet Haryanto, dan saat ini pembangunan belum selesai. meliputi pembangunan pagar keliling makam , lantai dalam area makam dan direncanakan akan di bangun sebuah rumah kecil untuk berteduh para peziarah jika cuaca hujan.

Kades Curugsewu

Makam Kyai Adam Curugsewu

kerja bakti warga Rowosari curugsewu

Sumber dana untuk pembangunan makam ini adalah dari  Pemerintah Desa Curugsewu, swadaya masyarakat Dusun Rowosari dan Dusun Patean serta Donatur dari warga sekitar yang peduli akan cagar budaya di Dusun Rowosari - Curugsewu ini.

Itulah sekilas pandang mengenai Desa Wisata Curugsewu Patean Kendal, dan sampai saat ini Desa Curugsewu masih terus berbenah untuk mewujudkan menjadi Desa Wisata andalan di Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

No comments:

Post a Comment

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...