August 2, 2017

6 Dari Ratusan Wisata Alam Terindah Di Kabupaten Temanggung JATENG

Temanggung merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki kondisi geografis yang sangat unik karena Kabupaten Temanggung terletak diantara dua Gunung yaitu gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Kondisi ini menyebabkan Kabupaten Temanggung menyimpan banyak sekali keindahan alam yang sangat memukau. terdapat banyak sekali tempat wisata di Kabupaten Temanggung terutama wisata alam.

Berikut beberapa Tempat wisata alam Di Temanggung yang sangat indah dan layak untuk anda kunjungi:


1.Dataran Tinggi Posong

kabut posong

Tempat wisata alam di Temanggung pertama yang harus anda kunjungi adalah Dataran Tinggi Posong. Tempat wisata posong di temanggung merupakan daerah dengan ketinggian 1700 mdpl dimana dari tempat ini kita dapat melihat pemandangan alam yang luar biasa. Keindahan pemandangan di Posong ini bahkan ada yang menyamakannnya dengan keindahan alam di Dieng Plateau Wonosobo. 

Posong temanggung | wonderful Indonesia

Dari Dataran Tinggi Posong ini anda dapat melihat sunrise yang menawan serta pemandangan 7 puncak gunung di sekitar Temanggung yaitu Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran dan juga Gunung Muria. Jika anda berminat anda dapat meyewa homestay yang terdapat di Dataran Tinggi Posong. Untuk menyewanya anda dapat menghubungu Jogorekso Community atau pengelola wisata yang dikelola oleh pemuda di sekitar Dataran Tinggi Posong yang beralamat di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

2. Pendakian Gunung Sindoro Dan Gunung Sumbing

puncak sindoro | wonderful indonesia

Kabupaten Temanggung terletak diantara dua Gunung yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Sehingga apabila kita bicara tentang wisata Temanggung maka tidak akan dapat dilepaskan dari kedua gunung tersebut. Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing memiliki pemandangan yang indah baik dilihat scara langsung dari puncak maupun dari kejauhan. 
Selfi di Puncak Gunung

Lebih indah lagi apabila anda melihatnya dari kedua puncak gunung tadi karena selain kedua gunung tadi anda dapat melihat puncak gunung lain seperti Gunung Prau, Gunung Ungaran, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran dll. Untuk mendaki Gunung Sindoro dapat dilakukan dengan mengambil jalur Kledung. Sedangkan untuk pendakian ke gunung sumbing bisa mengambil dari Base camp garung (belakang Pasar Reco) 500m dari Kledung. Baca juga pengalaman pendakian saya di Gunung sindoro

3. Curug Lawe

Wisata Curug Lawe di Muncar Temanggung Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Curug Lawe di Muncar Temanggung Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.
curug lawe

Wisata Curug Lawe di Muncar Temanggung Jawa Tengah merupakan salah satu air terjun dengan pemandangan yang indah di Jawa Tengah. Wisata Curug Lawe di Muncar Temanggung Jawa Tengah terletak di Dusun Muncar Lor, Desa Muncar, Kecamatan Gemawang berjarak 26 km ke arah utara kota dan dapat dijangkau dengan perjalanan selama 1 jam. Wisata Curug Lawe di Muncar Temanggung Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Curug Lawe di Muncar Temanggung Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Temanggung tidak mengunjungi Wisata Curug Lawe di Muncar Temanggung Jawa Tengah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Wisata Curug Lawe di Muncar Temanggung Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda.

4.Curug Onje

Tempat wisata Curug di Temanggung yang juga sudah banyak dikenal adalah Curug Onje. Curug ini memiliki keistimewaan berupa adanya 7 air terjun yang berjejeran. Air yang mengalir juga sangat jernih sehingga aman jika digunakan untuk berbasah basahan. 
curug onje

Dengan adanya jejeran air terjun ini menimbulkan pemandangan yang sangat indah di Curug Onje ini sehingga curug ini menjadi wisata populer di Temanggung. Untuk pergi ke Curug Onje ini anda dapat datang ke Desa Duren kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung.

5. Curug Surodipo

Jika anda menginginkan sebuah curug yang masih asri dan masih terjaga keasliannya maka anda dapat mengunjungi Curug Surodipo di Temanggung Jawa Tengah. Tempat wisata Curug di Temanggung ini juga dikenal sebagai Curug Trocoh, alamatnya ada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo. 
curug surodipo - curug trocoh

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dengan pemandangan di sekitar masih hijau dan indah. Nama Surodipo itu diambil dari nama salah satu pasukan Pangeran Diponegoro, yang waktu itu membangun benteng pertahanan di Desa Tawangsari ketika Perang Jawa berlangsung. Namun sayangnya akses jalan menuju tempat wisata ini masih belum bagus. Semoga dari pihak terkait dapat memperbaiki jalan menuju lokasi Curug Surodipo serta mengembangkannya menjadi tempat wsiata yang potensial di Kabupaten Temanggung.

6. Umbul Jumprit

Umbul Jumprit merupakan sebuah wisata alam di Kabupaten Temanggung yang semakin lama semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Di tepat ini terdapat sebuah umbul yang memiliki mata air yang alami. Setiap ada perayaan Trisuci Waisak di Candi Borobudur oleh umat agama Budha, air keberkahan selalu diambil dari Umbul Jumprit ini. 
Umbul Jumprit | temanggung

Banyak yang memandang tempat ini sebagai sebuah tempat keramat. Hal itu tak lepas dari sejarah umbul Jumprit sendiri yang tak bisa dilepaskan dari sejarah Kerajaan Majapahit. Konon, tempat Umbul Jumprit ini dahulu sebagai tempat mengasingkan diri Pangeran Singonegoro beserta pengikutnya yang seorang Pangeran Majapahit karena tidak mau mengikuti kepemimpinan yang baru yang dipegang oleh Raden Patah di Demak Bintoro. Disekitar umbul juga terdapat sebuah hutan pinus yang sangat indah. Anda dapat berfoto ria di tempat ini dengan pemandangan yang sangat memukau. Oh ya, alamat Curug Jumprit sendiri ada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung.

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...