July 17, 2017

10 + 2 Tempat Wisata Alam Terindah Di Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa, atau diantara Jawa Barat dan Jawa Timur. Jawa Tengah juga punya banyak tempat wisata yang unik dan belum tentu semua orang mengetahuinya. Karena itu, kali ini curugsewu.com akan mengulas beberapa tempat wisata alam di Jawa Tengah yang mungkin belum diketahui oleh pembaca Blog ini.

Sebagai salah satu Provinsi yang memiliki banyak kekayaan alam serta tempat wisata alam nya yang menarik salah satunya adalah wisata alam air terjun Curugsewu, Jawa tengah masih banyak menawarkan lokasi-lokasi wisata yang sangat menggiurkan . Bagi Anda yang tinggal di daerah kota yang kumuh dan penuh polusi, tidak ada salahnya jika meluangkan waktu untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata alam yang ada di Jawa Tengah.


telaga-sunyi-purwokerto


1. Ketep Pass Magelang

Di Jawa Tengah, obyek wisata apa saja ada, bahkan pemandangan bukit serta gunung yang menawan hati pun sangat menarik. Ketep Pass ini adalah lokasi yang sangat pas untuk melihat gunung Merapi dan awan panasnya. Tidak hanya itu saja yang bisa dinikmati di lokasi ini, tapi ada Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass.

Datanglah ke Pelataran Panca Arga dan dari sana ada lima buah gunung yang bisa disaksikan melalui teropong yang ada, yaitu Gunung Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro dan Merapi. Satu lagi teropong disediakan di Gardu Pandang yang jelas bisa digunakan untuk mengagumi keindahan alam sekitar.

Tidak heran jika Ketep Pass ini termasuk di dalam tempat wisata paling diminati oleh wisatawan saat berjalan-jalan di Kabupaten Magelang. Biaya tiket masuknya pun tidak terlalu tinggi, sebab per pengunjung hanya perlu menyiapkan kocek Rp 7.500 untuk dapat menyaksikan pesona alam yang ada di sana.

2. Air Terjun Montel Kab.Kudus

Lokasi wisata ini, apabila dari Makam Sunan Muria, adalah tidak jauh berada tepat di sebelah utaranya. Selain air terjun dan pemandangan alam yang bisa disaksikan, di sana ada berbagai kios yang menjajakan souvenir bagi para wisatawan yang tidak ingin pulang dengan tangan kosong.

Selain itu juga di sana ada warung makan yang akan membantu Anda mengisi tenaga setelah berjalan-jalan mengelilingi area air terjun ini. Hanya dengan membayar Rp 5 ribu, setiap pengunjung bisa secara bebas mengagumi satu lagi ciptaan Tuhan yang indah tersebut sehingga tak heran jika tempat wisata air terjun ini banyak di datangi dan di sukai bagi para pengunjung wisatawan untuk melepas kejenuhan setelah lama beraktifitas.


3. Rafting Sungai Progo

Aliran sungainya memiliki panjang 12 km. Ini adalah salah satu lokasi arung jeram yang terkenal di Jawa Tengah. Saat melakukan rafting di Sungai Progo Atas kita membutuhkan waktu sekitar 2,5 sampai dengan 3 jam.

Ada beberapa rute arung jeram di Sungai Progo yaitu arung jeram Sungai Progo Atas, arung jeram Sungai Progo Hulu, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Alamat : Perumahan Griya Tok Songo, Magelang.

Melakukan rafting ini adalah sebagian cara untuk menghilangkan stres karea kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Sangat cocok untuk mencobanya bersama teman-teman untuk sekedar berekreasi yang berbeda dari biasanya.

4. Pantai Petanahan Kab.Kebummen

Pantai Petanahan merupakan salah satu pantai yang terletak di Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini belum banyak dikenal oleh wisatawan. Memiliki pasir hitam dengan air laut kebiruan. Berkunjung saat hari biasa atau bahkan akhir pekan, lokasi ini tidak terlalu ramai.

Akan tetapi jika anda berkunjung ketika idul fitri atau idul adha akan sangat ramai dipadati oleh orang-orang yang hendak rekreasi dan menikmati wisata Pantai Petanahan. Dahulu Pantai Petanahan bernama Pantai Karanggadung. Namun kini terkenal dengan nama Petanahan.

5. Pemandian Air Panas Krakal

Masih dari daerah Kebumen, Jawa Tengah. Salah satu obyek wisata yang terkenal adalah Pemandian Krakal. Di tempat ini kita dapat mandi air hangat belerang. Sangat menyegarkan dan konon bagus untuk obat sakit kulit.

Jangan membayangkan satu kolam besar berisi banyak orang yang mandi bersamaan, ya. Pemandian di sini terbagi ke dalam bilik-bilik. Dalam bilik atau sebut saja kamar mandi itu ada bak mandinya lengkap dengan gayung.

Jadi yang ingin mandi air hangat, masuk ke bilik secara bergantian. Dan air belerang akan dialirkan lewat kran lalu ditampung dalam bak mandi. Tetapi di sini dilarang untuk mandi berendam dalam bak, ya. Lokasi wisata ini tidak terlalu luas. Fasilitas lain adalah taman bermain, mushola, serta beberapa warung makan.

6.Teluk Penyu

Kalau anda ingin berwisata ke Cilacap, silakan mampir ke Teluk Penyu. Obyek wisata ini memiliki luas sekitar 18 hektar. Mengapa dinamai Teluk Penyu? Menurut cerita yang beredar di masyarakat, dulu banyak penyu yang berkembangbiak dan hidup di pantai ini. Sebabnya adalah keadaan pantainya tak terlalu panas dan jauh dari hewan pemangsa atau pengganggu penyu, sehingga cocok bagi tempat hidup mereka.

Itulah sebab pantai ini dinamai Teluk Penyu. Pantai Teluk Penyu memiliki panorama alam yang memukau, indah, dan juga hawa sejuk. Beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan di sini antara lain adalah memancing, main sepak bola, dan menyusuri pantai.

Fasilitas yang ada di lokasi wisata Teluk Penyu yaitu area bermain anak, kolam pemancingan, mushala, kios buah dan oleh-oleh khas Cilacap, warung makan seafood, kios yang menjual ikan segar serta ikan asin, dan sebagainya. Setelah berkunjung ke Teluk Penyu, jangan lupa mampir ke lokasi wisata yang tak jauh dari pantai ini yaitu Benteng Pendem dan Nusa Kambangan.

Alamat : Kecamatan Cilacap Selatan, Jawa Tengah.

7. Pantai Suwuk

Pantai dengan perbukitan hijau indah di dekatnya dan bebatuan besar mengiasi salah satu sudut pantai, menambah pesona keindahan tempat wisata ini. Suwuk merupakan destinasi wisata pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terlebih ketika musim libur hari raya. Pantainya tidak terlalu panas karena banyak deretan pohon kelapa di sepanjang pantai.

Warung-warung makan berjajar di tepian pantai dengan area bermain air bagi anak-anak berupa mandi bola dan berenang pun tersedia di sini. Yang ingin menyusuri pantai sambil naik kuda, dapat dilakukan di Pantai Suwuk. Aktivitas lain ketika berada di Pantai Suwuk adalah jelajah pantai, memancing, main pasir, dan sebagainya.

Kalau berkunjung kemari, jangan lupa membeli oleh-oleh saat hendak pulang, ya. Peyek teri dan kacang atau makanan yang disebut yutuk. Yutuk adalah undur-undur laut yang dapat diolah menjadi gorengan lezat. Perlu diingat, jangan kebanyakan makan yutuk karena dapat menyebabkan pusing.


8. Gunung Slamet

Bagi anda para pecinta alam, cobalah taklukkan Puncak Gunung Slamet yang ada di daerah Purwokerto. Gunung ini adalah gunung paling tinggi di Jawa Tengah dan termasuk ke dalam kelompok gunung berapi yang masih aktif.

Tingginya mencapai 3.428 meter di atas permukaan air laut. Untuk mendaki Gunung Slamet diperlukan fisik yang kuat dan alat pendakian yang lengkap karena kondisi medannya cukup berat.

9. Tawang Mangu

Tawangmangu merupakan wisata alam yang populer di Solo. Air terjun ini dikenal juga dengan nama Grojogan Sewu. Tawangmangu terletak di Kabupaten Karanganyar sekitar 37 km arah timur Solo.

Air terjun dengan panorama indah hijau dan berhawa sejuk ini ada di dekat Gunung Lawu. Bermain di bawah air terjun ini perlu hati-hati dan waspada. Karena banyak bebatuan yang besar dan licin.

Selain menikmati keindahan air terjun dengan percikan air ke badan, di sini kita juga bisa membeli beragam jenis tanaman sebagai oleh-oleh atau menunggang kuda. Tentunya tidak menunggang sendirian, tetapi didampingi perawat kudanya, jadi akan aman. Liburan kemari cocok untuk keluarga.

10. Air Terjun Jumog

Wisata alam alternatif yang juga patut dikunjungi ketika anda liburan ke Solo adalah Air Terjun Jumog. Air terjun ini tak kalah menawan dengan Grojogan Sewu. Udaranya sama-sama sejuk, bersih dan berhawa dingin.

Dapat ditempuh 40 km dari Kota Solo. Selain alamnya yang indah, air terjun ini juga menawarkan harga murah untuk tiket masuknya. Yaitu Rp 5000,- per orang. Perlu diingat bahwa harga itu bisa berubah sewaktu-waktu, ya.

Tak heran wisatawan terus saja berdatangan ke tempat ini, baik itu wisatawan lokal, wisatawan luar kota maupun wisatawan luar negeri yang jatuh cinta dengan keindahan alamnya.

11. Telaga Sunyi Purwokerto

Telaga Sunyi, nama telaga ini didapat dari posisinya yang tersembunyi dan letaknya yang cukup jauh dari keramaian tempat wisata sekitar Baturraden, terkesan sunyi. Biasanya tempat ini dikunjungi oleh mereka yang ingin bermeditasi atau sekedar melepas penat dan mencari ketenangan. Bening airnya membuat telaga sunyi terlihat dangkal, padahal memiliki kedalaman kurang lebih 3 meter saat kemarau. Ketika musim hujan telaga ini dapat mencapai kedalaman 5 meter lengkap dengan air terjunnya. Airnya yang dingin dapat menyegarkan kaki-kaki yang letih setelah berjalan menuju tempat ini. Tempat ini masih kental dengan aroma mistisnya, jika kamu berbicara kotor di tempat ini maka makhluk ghaib di sekitar tempat tersebut tak sungkan untuk mengganggumu. Menurut warga sekitar, tempat ini dulunya sering menjadi tempat pembuangan kepala manusia yang di mutilasi.

12. Air Terjun Curugsewu

Air Terjun Curugsewu berada yaitu Desa Curugsewu - Patean Kabupaten Kendal. Air terjun Curug Sewu merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah dan memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya, dengan total ketinggian 80 meter yang terdiri dari 3 terjunan, masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter. terlihat sangat indah dan menawan untuk dipandang, terlebih pada saat tertentu, diantara ketiga tingkatan air terjun itu muncul pelangi dengan aneka warna yang mempesona. Air terjun Curug Sewu ini berada di kertinggian 650 m dpl dan merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...