August 11, 2017

Menyusuri Indahnya Danau Jempang Kutai Barat KalTim

Danau Jempang terletak di Kabupaten Kutai Barat. Danau ini adalah danau terbesar diantara 76 danau lain yang terdapat di sepanjang tepian alur Sungai Mahakam. Kedalaman danau ini mencapai 7-8 meter dengan beragam kekayaan flora dan fauna yang tumbuh disekitar danau. Objek wisata ini menjadi salah satu objek wisata kebangaan rakyat Kalimantan Timur berkat fenomena alamnya yang unik. Setiap 5 tahun sekali, Danau Jempang akan mengering sampai tampak seperti gurun pasir. Benar-benar kering tak ada air setetes pun. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dengan fenomena alam danau ini dan berbondong-bondong datang melihatnya.
Danau Jempang | wisata kaltim | wonderful indonesia

Untuk menuju ke danau Jempang ini, wisatawan bisa menggunakan perahu ketinting, yaitu perahu tradisional masyarakat setempat, atau speedboat. Sepanjang perjalanan menuju danau, wisatawan akan melewati perkampungan di tepi Sungai Mahakam yang masing memegang teguh kearifan lokal melalui cerminan rumah adat dan perilaku adat sehari-hari.

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...