May 12, 2017

10 Tempat Wisata Eksotis Di Bangka Belitung

Bangka merupakan salah satu Provinsi yang terdapat di Sumatera. Dahulu, kepulauan bangka masih satu lingkup dengan Provinsi Palembang. Namun, sudah beberapa tahun belakangan ini, Bangka menjadi Provinsi sendiri dengan ibukota Pangkal Pinang.

Untuk lebih mengenal wisata di Bangka, akan kita ulas destinasi wisata yang wajib Sobat kunjungi. Akses yang mudah dari pulau jawa (khususnya jakarta) serta memiliki banyak sekali pantai yang bagus, membuat pulau Bangka sangat terkenal.

Bahkan ada beberapa orang yang sengaja datang ke pulau itu hanya sekedar mengambil foto-foto pantai ataupun tempat-tempat bagus lainnya.

Tapi yang perlu Sobat ketahui dari Provinsi Bangka belitung adalah kepulauannya. Tidak semua memiliki akses yang mudah untuk menjangkau setiap wisatanya. kepulauannya yang terbagi menjadi 2, yaitu kepulauan bangka dan kepulauan belitung membuat aksesnya semakin sulit, kita harus menggunakan kapal atau boat menuju pulau lainnya, bisa jug menggunakan pesawat. Ke-2 pulau tersebut berbeda dan tentu saja tempat-tempatnya juga berbeda.

Supaya Sobat tidak bingung, berikut akan saya jabarkan wisata di masing-masing pulau ya. Pertama mungkin saya akan jelaskan pulau bangka terlebih dahulu, kemudian disusul dengan pulau belitung.

Banyak wisata yang bisa kita jajah di bangka, nah melalui wisata di bangka inilah kamu akan mengerti apa saja tempat yang bagus yang bisa Sobat lakukan di kepulauan ini. 

Berikut adalah tempat-tempat Wisata di Bangka Belitung yang bisa Sobat Kunjungi :


1. Pantai Parai

Pantai Parai Tenggiri – Di Bangka Belitung | Wonderful Indonesia
Lokasi yang tidak terlalu jauh dari Ibukota membuat pantai ini menjadi salah satu wisata menarik yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Pantai Parai terletak di Kabupaten Sungailiat yang berjarak sekitar 50 KM dari Pangkal Pinang. Ya, paling tidak sekitar 1 jam lah dari kota.

Sobat bisa menikmati keindahan pantai dengan air laut yang tenang dari sini. Nah, tentu saja keunggulannya karena memiliki pasir putih dan berbagai batu granit yang bagus bila mengambil foto di pantai parai. Kamu juga bisa menikmati Banana boat dan berbagai wahana lain.

2. Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona | Wonderful Indonesia
Sama halnya dengan parai, pantai ini juga tidak terlalu jauh dari pangkal Pinang. Pantai yang masih terletak di kawasan Sungailiat tersebut menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki pesona-pesona yang bagus, seperti melihat sunset dari batu pantai, memancing, bermain air dan berbagai hal lain yang menarik.

Wisata bangka yang satu ini bila akhir pekan akan ramai dikunjungi oleh wisatawan, sebab tiket masuk pantai tanjung pesona tidak terlalu mahal seperti pantai parai.

3. Pulau Putri

pulau putri | Belinyu | Bangka | Wonderful Indonesia
Pulau ini masih terletak di bangka, tepatnya di Kabupaten Belinyu. Bila kamu dari kota pangkal pinang bila ingin ke pulau putri, maka kamu akan menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam, kemudian dilanjutkan menggunakan boat nelayan setempat dengan waktu tempuh 30 menit. Jadi sekitar 3-4 jam kamu akan sampai ke pulau putri jika dari pangkal pinang.

Bisa jadi, pulau ini menjadi salah satu pulau terbaik di bangka. Sebab, kita bisa melakukan banyak hal di pulau tersebut. Mulai dari camping, memancing, berenang, snorkling, dan hal-hal lainnya. Karang-karangnya juga masih murni dan sangat alami sehingga hal tersebut bisa menjadi daya tarik wisata di belinyu.

4. Goa Maria


goa maria bangka | Wonderful Indonesia
Masih terletak di Kabupaten Belinyu, goa maria ini berada di bukit Mo Thiang Liang yang memiliki arti Bukit Penggapai Langit. Goa Maria memang belum begitu terkenal karena masih dijadikan tempat ibadah bagi sebagian orang. Sehingga, wisatawan disini masih ogah datang ke goa maria. Tapi, bukan berarti goa ini ditutup untuk umum, kamu masih bisa menikmati keindahan goa maria dengan membayar seiklas-nya. Namun, bila akhir pekan, maka akan ada tarif tertentu yang ditetapkan oleh pengurus objek wisata goa maria.

5. Pantai Batu Dinding


Pantai Batu Dinding | Wonderful Indonesia
Mengapa di namai Batu dinding karena ada sebuah batu yang sangat besar dengan tinggi hampir 15 meter yang memiliki bentuk seperti dinding. Nah, oleh karena itu orang-orang di sekitar memanggilnya dengan pantai batu dinding. Sampai saat ini pantai tersebut menjadi salah satu destinasi liburan terbaik di bangka.

Lokasi pantai batu dinding terletak di Kecamatan Belinyu, tidak jauh dari kota belinyu. Namun jika dari Pangkal Pinang maka kamu akan menempuh waktu kurang lebih 2 jam.

Panoramanya yang indah dan hijaunya pohon-pohon di sekitar pantai membuat wisata ini menjadi daya tarik tersendiri. Buktinya, banyak wisatawan mancanegara yang sengaja datang ke pulau bangka hanya untuk melihat pantai dinding.

6. Pantai Penyusuk


Pantai Penyusuk | Wonderful Indonesia
Wisata di belinyu memang sangat banyak sekali. Buktinya adalah pantai penyusuk ini. Meskipun Jauh dari ibukota namun, pantai ini tetap banyak yang mengunjungi di akhir pekan. Sehingga tak heran kalau pantai penyusuk juga wajib kamu kunjungi bila berada di belinyu atau pulau bangka.

Birunya air laut yang berada di utara bangka tersebut masih menjadi salah satu pesona menarik. Kamu bisa menikmati angin sepoi-sepoi serta sambil menikmati sunset dari pantai tersebut. Kamu juga bisa mancing dan berenang.

7. Pantai Romodong


Pantai Romodong | Wonderful Indonesia
Terletak di desa bukit ketok, pulau bangka, belinyu, kabupaten bangka, kepulauan bangka belitung membuat pantai ini sungguh menjadi salah satu destinasi yang harus kita kunjungi. Selain dengan pemandangan alamnya yang bagus, ternyata romodong juga memiliki pagoda yang bagus untuk foto-foto.

Di pantai romodong ada 2 batu granit yang menjadi logo pantai tersebut. Tentu saja kita bisa berfoto di antara batu besar tersebut. Ketinggian batu di pantai romodong tersebut sekitar 10 meter dan jika mengambil foto di tengah-tengah batu itu maka kita seperti berada di luar negeri. Hehe..

8. Pasanggrahan Menumbing


Pasanggrahan Menumbing | Wonderful Indonesia
Terletak di kawasan Bangka Barat tepatnya Kota Muntok wisata yang 1 ini memang menyuguhkan berbagai sejarah yang unik. Mengapa saya katakan sejarah? Karena pasanggrahan manumbing isu-nya tempat pengasingan Presiden pertama Indonesia, yaitu Soekarno.

Tempat ini dijadikan museum bersejarah di bangka karena dijadikan tempat keramat atau menyimpan barang-barang sisa soekarno jaman dahulu. Di tempat ini juga akan kamu temui mobil antik ketika soekarno berada di bangka. Mobil Ford Duluxe ber-plat DN 10 ini ternyata masih disimpan rapi di salah satu museum yang terdapat di pasanggrahan menumbing dan yang paling berkesan adalah mesin mobil tersebut masih orisinil.

9. Pantai Pasir Padi


Pantai Pasir Padi | Wonderful Indonesia
Sama halnya dengan pantai-pantai di bangka lainnya, pantai pasir padi jug memiliki pesona yang menarik untuk di kunjungi. Hal ini terlihat dari pasir putih yang terhampar luas di sekitar pantai. Namun, uniknya kamu tidka perlu jauh-jauh dari ibukota untuk menikmati pasir padi. Karena pantai ini terletak di kota pangkal pinang.


Pantai di pangkal pinang tersebut banyak dijadikan objek wisata karena memang itu adalah salah satu tempat yang paling banyak didatangi ketika liburan, baik oleh anak muda, remaja, ataupun orang tua.

10. Mercusuar Tanjung Kalian


Mercusuar Tanjung Kalian | Wonderful Indonesia
Mercusuar ini merupakan peninggalan dari inggris yang sempat singgah di bangka. Terletak di kawasan pelabuhan membuat mercusuar ini masih aktif sampai sekarang. Namun, hanya pada malam hari saja, dan jika siang, mercusuar tersebut dijadikan objek wisata yang bagus bagi para pengunjung.

Kalian bisa menaiki mercusuar ini sampai puncak dan sambil foto-foto melihat indahnya pantai yang berada di tanjung kalian. Kamu bisa menikmati sunset dari sini. Tapi yang perlu kamu ketahui adalah, harus berhati-hati apabila hendak merasakan sensasi naik ke mercesuar tersebut.

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...