April 15, 2017

Daftar Beberapa Tempat Wisata Di Sumatera Selatan

Di Provinsi Sumatera Selatan terdapat banyak sekali obyek wisata yang menawan. Kota Palembang merupakan ibu kota dari provinsi ini, secara greografis Provinsi Sumatera Selatan berbatasan dengan provinsi lain yakni Jambi di sebelah utara, Lampung di sebelah selatan, Bangka Belitung di sebelah timur dan Bengkulu di sebelah barat. Palembang sudah terkenal sejak dulu, dahulu kota tersebut menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya. Selain itu kaya akan sumber daya alamnya seperti gas alam, batu bara, minyak bumi dan masih banyak lainnya. Letak Provinsi Sumatera Selatan berada di bagian selatan Pulau Sumatera dan memliki beberapa tempat wisata unggulan serta termasuk kedalam wisata favorit di Indonesia.

Jembatan Ampera Sumsel | wonderful Indonesia

Jika Kamu seorang penghobi jalan-jalan dan sedang berkunjung ke Provinsi Sumatera Selatan, bisa jadi tempat wisata yang sudah saya rangkum di bawah ini bisa menjadi referesi untuk menikmati liburan Anda.

Berikut daftar beberapa tempat wisata di Provinsi Sumatera Selatan yang popular


  • Jembatan Ampera
Dulunya Jembatan Ampera bernama Jembatan Bung Karno, pemberian nama Bung Karno merupakan sebuah bentuk penghargaan. Kemudian pada tahun 1966 terjadi penggantian nama menjadi Jembatan Ampera di saat pergolakan politik di Indonesia. Jembatan Ampera berada di tengah pusat kota yang menghubungkan daerah seberang Ulu dan seberang IIir.

Di kawasannya terkenal akan kuliner khas Palembang yang sangat popular dan Jembatan Ampera menjadi semacam Ikon atau lambang kota. Pada awalnya begian tengah badan Jembatan Ampera bisa dikontrol naik turun, mengingat pada masa itu Sungai Musi merupakan jalur utama perdagangan melalui jalur laut. Seiring berkebangannya kota Palembang, naik turun jembatan kini sudah tidak dioperasikan lagi.

Keindahan akan terlihat mempesona di saat waktu malam hari, jembatan ini akan di hiasi lampu-lampu berwarna-warni yang sangat terang dan memancar ke segala arah. Di atas jembatan pengujung dapat melihat rumah apung atau rumah sakit yang menjadi rumah khasnya Kota Palembang. Lebih asiknya lagi jika Kamu datang di saat di adakannya festival air di Sungai Musi yaitu lomba perahu, lomba menyeberang sungai dan kontes menghias perahu.

  • Danau Ranu
Danau Ranu | wonderful Indonesia
Dengan luas Danau 125,9 km persegi, Danau Ranu merupakan danau terbesar ke-2 di Pulau Sumatera. Danau ini terbentuk dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung api yang membuat cekungan besar. Letaknya berada di perbatasan Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

Danau yang terkenal dengan nelayan untuk mencari ikan. Di tengah danau terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa. Di pulau tersebut terdapat sumber air panas, air terjun beserta penginapan yang sering di kunjungi wisatawan lokal maupun non lokal. Tercatat ada tiga tempat tujuan utama bagi para wisatawan yang berada dikawasan Danau Ranau yakni Wisma PT Pusri ( Sumsel ), Pantai Sinangkalan ( Sumsel ), Wisata Lombok ( Lampung )

  • Pulau Kemaro
pulau kemaro | wonderful Indonesia
Pulau Kemaro adalah sebuah delta kecil di Sungai Musi yang jaraknya kurang lebih 6-7 km dari Jembatan Ampera. Keistimewaan pulau ini selalu kering walau dalam keadaan air pasang dan tetap tidak memiliki air. Sehingga pulau yang ramai di kunjungi wisatawan ini nampak seperti terapung di atas Sungai Musi. Ikon Pulau Kemaro ialah adanya Pagoda berlantai 9 yang menjulang tinggi di tengahnya.

Pagoda ini di bangun pada tahun 2006, selain itu terdapat bangunan klenteng bernama Hok Tjiang Rio / Kuan Im dibangun sejak tahun 1962. Di depan klenteng tersebut terdapat makam Pangeran Tan Bun An dan Putri Fatimah yang berdampingan. Kisah cinta kedua insan itulah yang menjadi legenda terbentuknya Pulau Kemaro.

  • Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari | wonderful Indonesia
Air Terjun Bidadari atau Air Terjun Ayek Asam menurut warga setempat, yang bermuara ke Sungai Lematang ini berketinggian sekitar 30 meter dan lebar 10-15 meter. Air terjun ini merupakan salah satu yang terunik, memiliki tujuh puncak dengan tiga kolam pemandian. Bagi pengunjung, warga sekitar menerapkan aturan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Lokasinya berada di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupatnen Lahat, Sumatera Selatan. Anda dapat menempuhnya dengan kendaraan bermotor selama 15 menit dari Kota Lahat jaraknya sekitar 16 km. Setelah sampai di Desa Karang Dalam, perjalanan berlanjut dengan cara berjalan kaki melewati kebun kopi, kemudian menembus hutan. 

  • Air Terjun Lematang Indah
Air Terjun Lematang Indah | Wonderful Indonesia
Air Terjun Lematang Indah Ketinggiannya sekitar 70 meter dan merupakan salah satu tempat wisata alam yang menjadi andalan Kota Pagar Alam. Letaknya yang tepat di pinggir jalan menuju Kota Pagar Alam pada tikungan paling tajam dan menanjak membuatnya mudah di akses tentunya banyak wisatawan yang mampir disini. Percikan air terjun membuat suasana sejuk di tambah paronama alam di sekelilingnya yang masih terjaga.

Jalan menuju dasar air terjun sudah tersedia tangga dimana jalan untuk mencapainya. Dari Kota Pagar Alam berjarak 10 km, dengan jalanan beraspal yang cukup baik tetapi banyak tikungan dan berliku-liku. Keberadaan Air Terjun Lematang Indah berlokasi di Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Palembang. Adapun tiket masuknya sebesar Rp 1.000 / orang merupakan tarif yang sangat murah.

Itulah beberapa tujuan wisata di Sumsel  yang bisa saya rangkum kali ini, Selamat berlibur menikmati keindahan wisata di Provinsi Sumatera selatan

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...