April 10, 2017

Tempat Wisata Favorit Di Sumatera Barat

Sumatera barat terkenal dengan keelokan alamnya. Banyak sekali tempat wisata yang indah. Karena Sumatera barat terletak disepanjang pesisir barat pulau Sumatera, dan itu artinya Provinsi Sumatera Barat dekat dengan laut. Sehingga tidak mengherankan jika di daerah ini banyak ditemukan tempat wisata pantai yang indah. Bukan hanya itu saja, wisata alam yang menarik seperti lembah dan pegunungan juga banyak ditemukan di daerah ini. Berikut Beberapa tempat wisata Favorit yang berada di Provinsi Sumatera Barat

  • Danau Singkarak
danau singkarak
Merupakan danau yang terbesar di Sumatera Barat dengan panjang 21 km yang terletak di pinggir jalan raya Padang Panjang – Solok. Di sekitar danau terdapat beberapa tempat untuk beristirahat dan bersantai serta tersedia juga berbagai fasilitas sampan, boat dan hotel. Tersedia juga fasilitas untuk mengelilingi danau dengan pemandangan yang indah.


  • Pantai Pesumpahan Padang
Pantai Pesumpahan Padang
Pantai ini boleh dikatakan pantai paling indah dan paling damai dari semua pantai disini, keindahan pantai ini juga sudah terenggus hingga ke wisata mancanegara. Pemandangan air laut yang biru di balut dengan seni bukit-bukit kecil menghijau disekitarnya serta alunan ombak yang tidak terlalu keras, membuat pantai pasumpahan sangat mengagumkan bagi banyak pengunjungnya. Selain dengan keindahannya yang begitu menggoda, pantai pasumpahan juga tidak terlalu jauh dari pusat kota padang, dengan menggunakan speadboat dari sekitar Kota Padang, anda sudah bisa menikamati keindahan pantai ini. 

  • Danau Maninjau 
Danau Maninjau
Merupakan danau yang cukup indah dan menarik yang terletak lebih kurang 36 km dari Kota Bukittinggi, dapat ditempuh dengan melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan sebutan kelok 44 (kelok ampek-ampek). Di danau ini tersedia fasilitas untuk berenang, memancing, sepeda air yang cukup mengasyikan serta terdapat juga hotel dan homestay yang cukup representative. 



  • Danau Atas dan Danau Bawah
Danau atas & bawah
Kedua danau ini dikenal dengan sebutan Danau Kembar. Kedua danau tersebut terletak di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kab. Solok, berjarak kurang lebih 47 km dari Kota Solok dan 56 km dari Kota Padang. Keunikan dari danau kembar tersebut adalah untuk menuju Danau Di atas, kita harus melalui jalan yang menurun sedangkan untuk menuju Danau Dibawah, kita harus melalui jalan yang mendaki. Di sekitar danau ditanam buah markisa dengan rasa yang manis, sayur-sayuran, dan kentang. 

  • Jam Gadang 
Jam Gadang
Jam Gadang merupakan bangunan menara yang tinggi menjulang dengan megahnya, beratapkan khas Minangkabau, terletak di tengah kota Bukittinggi. Jam Gadang menjadi landmark dan lambang kota Bukittinggi, dibangun di atas bukit yang bernama Bukit Kandang Kerbau pada jaman Pemerintahan Belanda tahun 1827 oleh Contraleur (Sekretaris Kota) Rook Maker. 




  • Terowongan Gua Jepang 
Terowongan Gua Jepang
Terowongan ini panjangnya lebih 1.400 meter berkelok-kelok dibuat oleh tentara Jepang pada periode 1942, terletak di tengah taman panorama di Ngarai Sianok di bawah kota Bukittinggi, dengan lebar lebih 2 meter. Di dalam gua terdapat berbagai keperluan ruangan untuk kantor, rumah sakit, makanan dan persenjataan. Pintu masuk gua terdapat dibeberapa tempat, seperti di Ngarai Sianok, di Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi. Rakyat setempat menamakan ini adalah Lobang Jepang. 

  • Istana Pagaruyung 
Istana Pagaruyung
Istana ini dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang mempunyai ciri khas Minangkabau. Di dalam istana terdapat barang-barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Di sekitar istana ini kita dapat menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk. Terletak di Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Pagaruyung adalah lokasi kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan. Sekarang rumah gadang yang ada disana merupakan replika dari Istana yang aslinya dengan lukisan di dinding luar dan atap yang menjulang berbentuk tanduk kerbau. 

  • Pantai Sikuai
Pantai Sikuai
Pulau Sikuai, salah satu pulau yang terletak di sisi barat Pulau Sumatera hanya terletak sekitar setengah mil laut dari kota Padang dan dapat dicapai menggunakan kapal angkutan khusus dengan waktu tempuh 35 menit berangkat dari dermaga airud Bungus. Pengunjung pulau dapat menginap di hotel resort yang dilengkapi fasilitas hotel berbintang dua. Resort ini menyediakan 21 buah cottage dengan kapasitas sekitar 45 kamar. Selain menikmati keindahan pantai dan wisata bahari, trekking mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing juga dapat dilakukan oleh pengunjung yang senang petualangan alam. 

Itulah beberapa tempat wisata yang patut anda kunjungi di Sumatera Barat, Selamat menikmati perjalanan wisata di Sumatera Barat.

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...