April 10, 2017

Legenda Manusia Harimau Desa Kumayan Jati Sumatera Selatan

Cerita Legenda 7 Manusia Harimau adalah sebuah cerita mistis yang menggambarkan sebuah budaya dan tradisi yang ada di Indonesia pada masa silam atau sekarang, dimana ragam budaya, adat dan tradisi masih sangat kental dengan hal-hal mistis terutama berkaitan dengan dunia supranatural dan hal-hal yang berbau mistis seperti santet teluh, pelet dan lain-lain. Lelaku atau perbuatan seperti memanfaatkan kekuatan ghaib yang umumnya melibatkan makhluk halus berupa jin dan setan. Untuk memanfaatkan makhluk halus (jin) seseorang harus melakukan lelaku yang tidak ringan sehingga bisa menaklukan jin dan setan sebagai perantara.

Kisah 7 Manusia Harimau

manusia harimau | cerita kumayan | harimau siluman | harimau jadi jadian
Kisah 7 manusia harimau diambil dari sebuah novel Karya Motinggo Boesje, Lahir di Kupang Kota, Lampung 21 November 1937. Novel karangan Motinggo Boesje berlatar belakang sebuah budaya yang ada di sebuah Desa bernama Desa Kumayan Jati di wilayah pedalaman Sumatera Selatan.
Kisah itu menceritakan tentang 7 manusia harimau yang ada di Desa Kumayan. Sepak terjang mereka membuat desa tersebut sebagai desa yang paling di segani dan ditakuti semua orang terutama orang - orang orang baru yang hendak menetap didesa tersebut. Karena bagi mereka yang hendak tinggal di Desa tersebut harus tunduk dengan segala aturan yang berlaku sesuai kehendak penguasa yang ada di sana yang tak lain adalah orang-orang pintar yang bisa menjelma menjadi manusia harimau. 

Kisah itu bermula sejak kedatangan seorang pemuda bernama ‘Gumara’ seorang pemuda berprofesi sebagai guru SMA yang di tugaskan di Desa tersebut. 
Gumara sendiri tak lain adalah salah satu dari 7 manusia harimau atau cikal bakal Manusia harimau Desa Kumayan. Hanya saja Gumara yang sejak kecil tinggal di Jakarta bersama ibunya tidak menyadari kalau dirinya adalah bagian dari harimau yang ada di Desa tersebut.
Sosok pemuda ganteng dan rendah hati itu tak pernah menampakkan bahwa dirinya memiliki kelebihan dan bisa menjelma menjadi harimau, sehingga ia selalu bersikap rendah hati dan ramh pada siapapun. Ia juga selalu berusaha untuk menahan diri agar tidak marah yang dapat memicu dirinya berubah wujud menjadi manusia harimau.

Namun sejak Gumara tinggal di Desa Kumayan dan menjadi guru di salah satu sekolah menengah atas, ada banyak hal yang menimpa dirinya dan termasuk harus menghadapi orang-orang yang tidak menginginkan kehadirannya di Desa tersebut seperti di teluh oleh istri mantan guru tempat ia mengajar dan dimusuhi pemuda yang menaruh hati pada anak Lebai Karat karena cemburu.
.
Gumara adalah satu orang guru yang minta menuju dinas untuk dipindahkan menuju satu buah desa di Bengkulu. Ketika di Kecamatan Kayu Lima, dia merasakan udara dan juga alam yang cocok dengan habitatnya. Menurut neneknya, tersebut adalah area lahir ayahnya yang bernama Peto Alam. Dikarenakan terancam, ibu be-serta neneknya membawanya lari dari Desa Kumayan yang adalah satu buah desa di Kecamatan Kayu Lima yang senantiasa diliputi kabut, kabut pegunungan yang sekaligus kabut misteri yang sulit diterima logika. Penduduk desa tetangga Kumayan memberi julukan yang amat menyeramkan bagi desa tersebut, yaitu "gudang ilmu hitam". Di situ bersemayam para manusia yang memiliki ilmu harimau yang sebenarnya untuk menjaga kebun kopi mereka yang luas dari gangguan pencuri yang takut kalau menatap harimau. Ayah dan juga ibunya adalah keturunan ketiga manusia harimau, dan juga dia adalah keturunan keempat. Dia menganggap tersebut hanyalah mitos belaka.

Sesampai bus yang mengantarnya, lingkungan sekitar telah sepi. Di ketika tengah berjalan-jalan, dia ditemui Yunus yang mengendarai sepeda motor. Yunus adalah pesuruh sekolah tempatnya hendak bertugas, dan juga mengantarnya menuju rumah dinas. Belum lama sesampainya di rumah dinasnya, dia menanyakan rumah Lebai Karat ke-pada Yunus. Dari pesuruh sekolah tersebut, dia memperoleh informasi mengenai Desa Kumayan. Ketika itu, seseorang menguping dari balik jendela rumah.

Tidak terlampau lama sesudah Yunus berangkat, mendadak dia mendengar suara harimau dan juga menatap seekor harimau yang gede menyelinap masuk menuju dalam semak-semak di samping rumah dinasnya. Peristiwa tersebut membuat-nya penasaran, diambilnya senter dan juga dia keluar rumah. Sejumlah cobaan dia temui dalam perjalanan, dari satu orang gadis yang meminta pertolongan, hingga pertemuannya dengan Humbalang yang jua ternyata keturunan manusia harimau. Ternyata Lebai Karat tidak menyenangi kehadiran dirinya, lebih-lagi sempat hendak menyerangnya. Untungnya anak gadis Lebai Karat yang bernama Karina langsung mengingatkan Lebai Karat. Gumara Peto Alam langsung pulang dengan perasaan kaget dan juga sedikit takut.

Banyak hal hal baru yang Gumara temui di lingkungan barunya, mulai dari gangguan di rumahnya, lebih-lagi dia pun sempat harus masuk penjara sebab dituduh membunuh, kena teluh, hingga men-jadi kepedulian para keturunan manusia harimau lainnya seperti Lebai Karat, Putih Kelabu, Rajo Langit, dan juga Humbalang. Mereka mulai mencurigai bahwa memang Gumara adalah manusia harimau ketujuh yang selama ini mereka tunggu untuk menyempurnakan kelompok mereka. Gerak-gerik Gumara amat diperhatikan, sebab kalau dia menolak kelompok tersebut maka nyawanya dapat terancam. Tidak cuma tersebut, Gumara jua harus dihadapkan ke-pada dua gadis cuantik, Karina dan juga Pitaloka. Mereka keturunan manusia harimau, maka keduanya memiliki kesaktian dan juga pandai. Mereka ber-2 jua bersekolah di area Gumara mengajar.

Gumara terlibat lebih dalam di lingkungan Kumayan. Awalnya dia cuma mau men-jadi guru yang mengajar ilmu fisika dan juga matematika beserta mengenal sejarah hidup silsilah keluarganya, tetapi ternyata kehadirannya di Desa Kumayan menimbulkan kemelut yang berkelanjutan.

Untuk mengetahui kisah legenda 7 manusia harimau bisa anda melihatnya langsung di salah satu tv swasta dan tayang setiap hari. Cerita legenda 7 manusia harimau merupakan sebuah kisah fantasi berlatar belakang budaya Indonesia dengan tema hal-hal ghaib yang dipercaya hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...