April 6, 2017

Snorkeling di Pantai Nglambor GUNUNGKIDUL

Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta atau tepatnya di tengah tengah antara Pantai Jogan dengan Pantai Siung, Pantai Nglambor ini menawarkan kondisi alam yang cukup unik, karena menyimpan aneka terumbu karang yang sangat cocok untuk kegiatan snorkeling. Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai di Jogjakarta yang bisa dipakai untuk snorkeling .

Pantai Nglambor | Wonderful Indonesia
Pemandangan cantik Pantai Nglambor yang tertutup ombak ini sangat dijaga oleh masyarakat sekitar Pantai Nglambor. Bahkan kawasan pantai ini merupakan daerah budidaya beberapa jenis ikan serta lokasi konservasi terumbu karang dan biota laut lainnya. Tradisi upacara sedekah laut Ngalangi pun juga dilakukan di pantai ini. "Ngalangi" dalam bahasa Jawa berarti menghalangi atau melarang. Masyarakat sekitar pantai Nglambor melarang siapapun untuk menangkap ikan di kawasan pantai kecuali sekali dalam setahun, di luar musim pemijahan ikan. Prosesi penangkapan ikan pun hanya bisa dilakukan dengan menggunakan gawar, semacam jaring dari akar pohon wawar yang dipancangkan dan dihalau bersama-sama ke laut oleh masyarakat setempat.

Harga tiket masuk dan biaya snorkeling Pantai Nglambor ini saya Informasikan kepada sobat yang ingin menikmati keindahan alam Gunungkidul. Mengunjungi Yogyakarta tidak akan lengkap tanpa mengunjungi aneka pantai yang dimilikinya, terlebih pantai-pantai di kawasan pesisir selatan kabupaten Gunungkidul. Berbagai keunikan dan kealamian suasana membuat liburan sobat akan lebih bermakna. Dari sekian banyak alternatif wisata alam yang ada, sobat perlu mencoba aktivitas snorkeling di Pantai Ngalmbor Gunungkidul. Untuk harga tiket masuk dan biaya snorkeling Pantai Nglambor tersebut, pada tahun 2017 , tiket masuk ke Pantai Nglambor mengalami penyesuaian. Beberapa pantai di pesisir selatan Gunungkidul 5 Ribu Rupiah (meliputi tiket masuk ke Pantai Siung dan Jogan) sedangkan Biaya Snorkeling: 50 Ribu Rupiah (termasuk pelampung, alat snorkeling, dan pemandu)

Untuk mencapai pantai ini, sobat harus menggunakan kendaraan pribadi karena memang belum ada angkutan desa yang menuju ke pantai tersebut. Untuk mempermudah berikut rute menuju Pantai Nglambor Gunungkidul dari arah Jogjakarta:
Jogja – Piyungan – Bukit Patuk – Sambipitu – Rest Area Bunder – Gading – Siyono – Kota Wonosari – Jalan Baron – Mulo – Purwodadi (Tepus) – Jalan Raya Pantai Siung – sebelum Pantai Siung ke kanan – Pantai Nglambor. 

Snorkling Pantai Nglambor | Wonderful Indonesia
Setelah mengikuti rute menuju lokasi Pantai Nglambor tersebut, sobat akan menyusuri jalanan berbatu yang sudah lumayan mulus untuk kendaraan biasa. Berjalan kaki beberapa meter sebelum bibir pantai membuat sobat akan terkesima melihat indahnya Pantai Nglambor dari atas.
Tiba di Pantai Nglambor sobat dapat menikmati deburan ombak pantai selatan menyapu pasir putih yang khas. Bentuk pantai yang mirip dengan laguna membuat air di pantai ini lumayan lebih tenang jika dibanding pantai-pantai lainnya. Namun jangan terkecoh, ombak pantai selatan tetap berbeda dengan pantai-pantai lain karena bermuara pada laut lepas, yakni Samudera Hindia. Untuk itu, disarankan jika sobat ingin bermain snorkeling di Pantai Nglambor ini, pilihlah waktu-waktu yang bagus dimana ombak tidak terlalu besar. Dengan begitu, keindahan terumbu karang bawah air pun dapat sobat nikmati secara aman. Tentu kewaspadaan tetap menjadi prioritas di sela-sela keasyikan menikmati keindahan terumbu karang tersebut. 

Yang terpenting dalam menikmati snorkeling di Pantai Nglambor tersebut selain kehati-hatian adalah kesadaran sobat untuk tetap menjaga keasrian dan keindahan alam yang dimilikinya. Usahakan tidak merusak terumbu karang yang ada dan menggunakan alat yang memadai.
Inilah sedikit informasi tentang rute menuju Pantai Nglambor , harga tiket masuk dan biaya snorkeling Pantai Nglambor. Selamat berlibur di Pantai Nglambor

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...