April 12, 2017

Info Wisata Pantai Pulau Bali Indonesia

Pesona keindahan Pantai di Pulau Bali tidak bisa diragukan lagi, banyak wisatawan domestik maupun luar negeri yang setiap hari datang berlibur di beberapa pantai yang terdapat di Pulau Bali. Pantai di Pulau Bali memang terkenal dengan keindahan juga kebersihan nya, tidak heran jika para wisatawan betah menghabiskan hari libur di Pulau Bali.Hampir semua wisatawan yang berlibur di Bali, pastinya akan mengunjungi tempat wisata pantai, terutama pantai yang memiliki pasir putih dengan pemandangan sunset.

wisata Pantai Pulau Bali | Pantai Bali | Wonderful Indonesia

Pulau Bali memiliki banyak pantai pasir putih dan pantai pasir hitam, dan tiap-tiap pantai memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Lokasi pantai di Bali tersebar hampir disemua penjuru pulau Bali. Saking banyaknya pilihan pantai di pulau Bali, pastinya wisatawan akan mencari pantai yang terindah dan terpopuler untuk dikunjungi saat liburan. Dari beberapa pantai yang ada di Pulau Bali, pantai yang mana yang terindah dan layak untuk dikunjungi ? saya akan menuliskan di halaman ini tentang beberapa pantai terindah di Bali, silahkan Pembaca memilih wisata pantai manakah yang layak untuk dikunjungi sebagai tempat berlibur keluarga Anda

Pantai Kuta

Satu dari sekian banyak pantai indah di Pulau Bali adalah Pantai Kuta. Pantai ini terletak di Kecamatan Kuta, tepatnya sebelah selatan kota Denpasar Bali.Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur. Selain itu, Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta. Sebelum menjadi objek wisata, Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang tempat produk lokal diperdagangkan kepada pembeli dari luar Bali. 

kebersihan pantai kuta | Pantai Kuta | Pantai Bali | Wonderful Indonesia
Pada abad ke-19, Mads Lange, seorang pedagang Denmark, datang ke Bali dan mendirikan basis perdagangan di Kuta. Ia ahli bernegosiasi sehingga dirinya terkenal di antara raja-raja Bali dan Belanda. Selanjutnya, Hugh Mahbett menerbitkan sebuah buku berjudul “Praise to Kuta” yang berisi ajakan kepada masyarakat setempat untuk menyiapkan fasilitas akomodasi wisata. Tujuannya untuk mengantisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Buku itu kemudian menginspirasi banyak orang untuk membangun fasilitas wisata seperti penginapan, restoran dan tempat hiburan. Pantai Kuta terkenal memiliki ombak yang bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Selain keindahan pantai, wisata pantai Kuta juga menawarkan berbagai jenis hiburan seperti bar, restoran, pertokoan, restoran, hotel, dan toko-toko kelontong, serta pedagang kaki lima di sepanjang pantai menuju pantai Legian. [ref: google.com & https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Kuta]

Akses menuju Pantai Kuta dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai dalam kondisi jalanan lancar. Sebagai tempat wisata pantai, pantai Kuta dilengkapi lahan parkir di sepanjang pantai, kamar mandi umum, payung pantai, kios makanan dan minuman, serta tempat penyewaan papan selancar.

Pantai Legian

Ingin berlibur di salah satu pantai bagus di Bali, maka kunjungi pantai Legian Bali, salah satu tempat wisata yang harus anda kunjungi saat di Bali. Keindahan dan suasananya menyamai pantai Kuta Bali tapi tidak seramai pantai Kuta Bali. Dengan lingkungan pantai yang menyerupai pantai Kuta karena memang lokasi pantai Legian yang saling berdekatan dengan pantai Kuta, tidak terlalu ramai, membuat pantai Legian sangat diminati oleh wisatawan asing yang berlibur di Bali, terutama wisatawan dari negara Australia.

Pantai Legian Bali | Pantai Bali | Wonderful Indonesia
Pantai Legian Bali memiliki pasir putih dan keindahan pemandangan matahari terbit di sore hari. Sebagian besar wisatawan yang berlibur di pantai ini akan berjemur di bawah sinar matahari, berenang dan bermain selancar. Selain itu wisatawan dapat melakukan permainan pantai di Bali, seperti bermain bola di pasir putih atau jika anda mahir dalam berselancar, anda dapat menyewa papan selancar yang banyak tersedia di pinggir pantai. Ombak di pantai Legian banyak diminati oleh peselancar, oleh karena itu lomba selancar sering di adakan di pantai ini. Pantai ini, tidak hanya menawarkan wisata pantai Bali, tapi juga menawarkan wisata kuliner dan hiburan malam.

Di daerah Legian banyak terdapat shoping center, restoran, bar, cafe, pub, mini market, warung makan sederhana yang menyuguhkan makanan dan minuman sampai larut malam tentunya sambil diiringi oleh live musik. Lokasi pantai Legian sangat berdekatan dengan airport Ngurah Rai yang hanya berjarak 6 kilometer, jika tidak terjadi kemacetan anda dapat akan sampai di lokasi pantai sekitar 20 menit dari airport. Mencari akomodasi di pantai ini, sangatlah mudah. Mulai dari hotel berbintang sampai losmen tersedia di kawasan wisata ini.

Pantai Sanur

Sanur merupakan tempat pariwisata Pantai yang terkenal yang berada di Bali, lokasi tempat ini berada tepat di sebelah timur Kota Denpasar, sedangkan Pantai Sanur terletak di kotamadya Denpasar. Ombak yang berada di pantai sanur tergolong ombak yang tenang, sehingga pantai ini tidak bisa untuk dilakukan surfing seperti pantai kuta.

Tidak jauh dari lepas pantai Sanur terdapat wisata selam dan snorkeling. karena keadaan yang nyaman, lokasi untuk selam ini bisa dipergunakan bagi penyelam bagi semua level keahlian dalam menyelam. Wisata pantai sanur juga terkenal dengan sebutan pantai matahari terbit, karena lokasi sanur yang terletak di bagian timur pulau bali, sehingga pantai sanur menjadi tempat yang cocok bagi anda yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit. Sepanjang jalan wisata pantai sanur menjadi tempat yang relevan bagi anda yang ingin menikmati keindahan matahari saat terbit, didukung saat ini telah dibangun berupa sandaran yang dilengkapi pondok-pondok kecil sebagai fungsi tempat persinggahan anda atau tempat duduk anda untuk menunggu serta menikmati pemandangan matahari terbit.

Pantai Sanur | Pantai Bali | Pantai Sanur Bali | Wonderful Indonesia
Ombak di pantai sanur bali ini tergolong dalam ombak yang kecil sehingga pas bagi anda yang ingin rekreasi pantai bersama anak-anak dengan minimal resiko. Disamping itu para pengunjung juga dapat menikmati matahari terbit dengan melakukan aktivitas berenang di pantai, pantai ini juga memiliki pasir yang mempesona yaitu pasir yang berwarna putih, serta tumbuh pepohonan yang bisa anda gunakan sebagai tempat penyandar ataupun tempat untuk berteduh serambi menikmati makanan kecil seperti jagung bakar atai lumpia yang dijajakan oleh pedagang-pedagang kaki lima. Wisata pantai sanur kini telah dilengkapi fasilitas pendukung yakni berupa hotel, kafe, restoran maupun art shop. Wisata pantai sanur mempunyai pemandangan sore hari yang tidak kalah dengan pesona matahari terbit, karena pasang surutnya air dari laut menjadikan pandangan anda menjadi jelas akan bukit batu ( karang ) yang menjorok ke arah laut. Pengunjung bisa melihat pesona batu karang membentang yang berwarna-warni. Pantai sanur berjarak 6 km dari kota denpasar, anda bisa mencapai tempat ini dengan menggunakan kendaraan seperti motor maupun mobil, adapun kendaraan umum.

Pantai Lovina

Pantai Lovina Lokasinya di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali. Oleh sebab itu lebih dikenal dengan obyek wisata Kalibukbuk. Sekitar 9 Km sebelah barat kota Singaraja, ini merupakan salah satu objek wisata yang ada di Bali Utara. Wisatawan baik asing maupun lokal banyak yang berkunjung ke sana, selain untuk melihat pantainya yang masih alami, juga untuk melihat ikan lumba-lumba yang banyak terdapat di pantai ini.

Pantai Lovina Bali | Pantai Lovina | Pantai Bali | Wonderful Indonesia
Dengan menyewa perahu nelayan setempat, kita dapat mendekati lumba-lumba. Berbagai penginapan mulai dari Inn hingga Cottages tersedia dengan harga yang sangat terjangkau. Kenapa di namakan Pantai Lovina ? Berikut penjelasanya "Love" dan "Ina" oleh masyarakat diartikan sebagai "Love Indonesia", Pengertian seperti itu tidak sesuai dalam konteks Panji Tisna. IIstilah “INA” secara umum sudah dikenal sebagai singkatan untuk kontingen atau rombongan atlet Indonesia untuk "Asian Games 1963". Sedangkan, "Lovina" didirikan pada tahun 1953. Menurut Panji Tisna, "Lovina" memiliki makna filosofis, campuran dua suku kata "Love" dan "Ina". Kata "Love" dari bahasa Inggris berarti "kasih" yang tulus dan "Ina" dari bahasa Bali atau bahasa daerah yang berarti "ibu". Menurut penggagasnya, Anak Agung Panji Tisna, arti "Lovina" adalah "Cinta Ibu" atau arti luhurnya adalah "Cinta Ibu Pertiwi” Apakah anda tertarik melihat atraksi lumba-lumba di tengah laut saat liburan ke tempat wisata Lovina? Jika anda menjawab Ya, pastinya ingin tahu mengenai harga melihat lumba-lumba di Lovina.

Untuk melihat lumba-lumba di tengah laut pantai Lovina tidak dikenakan biaya. Jadi jika anda bertanya mengenai harga tiket Dolphin Lovina yang lumba-lumba berada ditengah laut, jawabannya tidak ada. Yang di kenakan biaya adalah sewa perahu nelayan untuk menuju ke tengah laut, lokasi dari lumba-lumba berada. Harga sewa perahu di pantai Lovina Singaraja untuk melihat lumba-lumba ditengah laut, sekitar Rp 150.000/orang.
Dengan membayar harga sewa kapal di Lovina Rp 150.000/orang, tujuan melihat lumba-lumba di tengah laut anda akan mendapatkan:

  • Sewa perahu durasi kurang lebih 2 jam.
  • Pengemudi perahu.
  • kapasitas perahu 5 orang.
  • Jaket pelampung.
  • Sarapan pagi setelah selesai menonton lumba-lumba di tengah laut.
  • Jika tanpa sarapan pagi harga dapat lebih murah, Rp 110.000 / orang.

Waktu terbaik melihat lumba-lumba dari jam 06:00 – 07:30 pagi. Jadi anda harus sudah berada di lokasi pantai paling lambat sekitar jam 05:30 pagi. Harga nonton lumba-lumba di tengah laut belum termasuk biaya transportasi menuju objek wisata Lovina Buleleng Bali.

Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran Bali, salah satu pantai pasir putih dengan pemandangan sunset yang begitu indah, saking indahnya setiap sore pantai ini ramai dikunjungi. Pantai di Jimbaran merupakan salah satu tempat wisata di Jimbaran Bali yang sangat terkenal ke mancanegara. Popularitas pantai Jimbaran mulai mendunia semenjak terjadinya Bom Bali II pada 1 oktober 2005 di salah satu dari cafe yang menyediakan makanan khas laut. Seafood cafe yang terkena bom adalah cafe Menega dan cafe Nyoman. 

Jimbaran adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Kuta selatan dan dapat anda capai dari Ngurah Rai airport dalam waktu kurang dari 15 menit. Sebelum perkembangan pariwisata merambah Desa Jimbaran, dulunya desa ini adalah desa nelayan yang sebagian besar penduduknya mencari nafkah dengan mencari ikan di laut. Karena pantainya begitu bersih dan memiliki pasir putih serta pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Maka banyak para investor asing atau dalam negeri yang menginvestasikan uang mereka untuk pembangunan hotel, villa ataupun restorant berstandar international. 

Pantai-Jimbaran-Bali | Pantai Bali | Wonderful Indonesia
Awal perkembangan tempat wisata di Jimbaran di mulai pada tahun 1988, kemudian pada tahun 1992 berdiri salah satu hotel bintang lima yang terkenal di seluruh dunia yaitu Four Seasons Jimbaran. Pantai Jimbaran Bali – Salah Satu Pantai Pantai Indah Di Bali. Hotel sekelas Four Seasons Jimbaran, hanya akan mengelola hotel atau villa yang memiliki lokasi terbaik dan pantai Jimbaran memiliki kriteria tersebut. Dengan berkembangnya hotel-hotel di kawasan wisata Jimbaran Bali, merubah cara masyarakat lokal Jimbaran dari nelayan menjadi pekerja yang bergerak di bidang pariwisata.

Pantai Pandawa  (Secret Beach)

Lokasi Pantai Pandawa berada di kawasan wisata, di area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Keenam patung tersebut secara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi penejasan nama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai. 

Cukup banyak wisatawan yang melakukan paralayang dari Bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa. Pantai Pandawa, salah satu pantai pasir putih terkenal di Bali yang wajib dikunjungi. Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung dan lebih terkenal dikalangan wisatawan mancanegara khususnya Australia dengan nama secret beach. Sedangkan masyarakat lokal lebih mengenal dengan nama pantai Kutuh. Saat ini, Pantai Pandawa Kutuh, tidak lagi didominasi oleh wisatawan asing. Malahan yang banyak berlibur di pantai Pandawa Kutuh adalah wisatawan domestik. 

Setiap wisatawan yang mengunjungi pantai di desa Kutuh ini, akan terkesima dengan pemandangan pantai. Anda akan mendapatkan pasir putih yang bersih, serta ombak yang tenang, bebas dari polusi dan pedagang acung. Mengingat banyaknya tempat wisata di bali yang sangat menarik, terutama pantainya yang indah membuat pulau Bali memiliki segudang pantai dan para wisatawan sampai dibuat bingung untuk memilih pantai mana yang harus di kunjungi di Bali. 

Pantai Pandawa | Pantai Pandawa Bali | Pantai  Bali | Wonderful Indonesia
Pantai yang baru populer di Bali yaitu pantai pandawa. Memang pantai ini tidaklah pantai yang baru dibuka, karena pantai ini memang sudah ada dan dikunjungi wisatawan dari bertahun-tahun lalu, hanya karena adanya pembangunan proyek besar di kawasan pantai pandawa membuat pengelola memperbaiki akses serta sarana untuk mencapai pantai ini lebih mudah lagi. dan dalam hal ini desa adat Kutuh, kuta selatan juga tak mau tinggal diam dan ikut mengambil bagian untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di pantai ini, sampai saat ini pembangunan masih berlangsung tapi sudah memperlihatkan keindahan kawasan pantai yang tertata rapi, mungkin belum sempurna betul tapi saya yakin dalam beberapa tahun kemudian pantai ini akan menjadi the new kuta atau pantai kuta baru di pulau Bali mengingat kunjungan wisatawan akan terus meningkat. 

Pantai Pandawa adalah pantai yang akses serta sarana dan prasarana yang baru diperbaiki, ini terlihat dari tebing kapur yang dibuka dan diperlebar menjulang tinggi, sangat jelas terlihat bahwa pantai ini nantinya akan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di pulau Bali karena kita bisa menikmati pantai ini dari segala sudut. Baik, kesan pertama yang akan anda dapatkan begitu mencapai pantai pandawa adalah “Spektakuler!” begitulah, bukit kapur tinggi menjulang tertata rapi serta patung para Panca Pandawa akan menyambut anda. ya, sudut dalam dinding kapur pantai pandawa terdapat lima patung para Pandawa yang tingginya masing-masing 5 meter dengan lebar 2,5 meter sebagai simbol penguat tentang pantai ini. Beralih ke pantainya, Seperti halnya pantai indah lainnya di pulau Bali, pantai pandawa memiliki pasir putih halus dengan air yang biru jernih.

Dari beberapa Tempat wisata Pantai yang saya ulas di atas masih banyak lagi tempat tempat wisata Pantai yang Indah di Pulau Bali, seperti Pantai Tanjung Benoa, Pantai Dreamland, Pantai Padang Padang, Pantai Balangan, Pantai Mengiat Nusa Dua dan masih ada lagi wisata Pantai yang belum saya sebut. 
Mohon maaf karena keterbatasan waktu , Info wisata pantai Pulau Bali ini tidak bisa saya ulas semua, mudah mudahan di lain waktu bisa saya lanjutkan. Selamat ber wisata dan berlibur di Pulau Bali,  nikmati keindahan alam Pantai Pulau Bali.

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...