April 23, 2017

12 Tempat Wisata Pantai Terindah Di Jawa Tengah

Banyak sekali tempat wisata Pantai yang terindah di provinsi Jawa Tengah, selain 12 Pantai yang ada di posting ini tentunya masih ada lagi puluhan Pantai yang sangat Indah di Jawa Tengah, Khususnya di Pantai utara, sedangkan untuk pantai selatan, hanya ada beberapa saja. 

Berikut adalah 12 Pantai terindah di Jawa Tengah yang patut Anda kunjungi di waktu liburan:


1 Pantai Menganti

Pantai-Menganti | wisata kebumen | wonderful indonesia | Image

Pantai Menganti ini sering disebut sebagai New Zealandnya Pulau Jawa. Jadi Anda tidak perlu pergi jauh – jauh ke Selandia Baru untuk menikmati indahnya pantai terpencil yang dikelilingi oleh barisan bukit. Hal ini dikarenakan di daerah Kebumen sudah ada pantai yang memiliki kriteria seperti itu, pantai tersebut adalah Pantai Menganti. Lokasi dari Pantai Menganti berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Untuk menuju lokasi Pantai Menganti, para wisatawan harus menempuh perjalanan yang terjal dan berkelok – kelok. Sesampainya di Pantai Menganti maka para wisatawan akan langsung disambut dengan panorama keindahan pantai yang dapat dilihat dari atas bukit.

2  Pantai Sigandu

Pantai Sigandu | wisata kab batang | wonderful Indonesia

Pantai Sigandu merupakan salah satu pesona wisata di Kabupaten Batang, Pantai Utara Jawa. Wisatawan datang ke Pantai Sigandu untuk sekedar menyusuri pantai, berenang, atau menyewa kapal wisata Sigandu I dan Sigandu II. Di area Pantai Sigandu juga ada taman bermain Batang Dolphin Center di mana pengunjung melihat atraksi lumba-lumba.

3  Pantai Ujungnegoro

Pantai Ujungnegoro terletak di Kecamatan Kandeman yang berjarak 14 km sebelah timur laut Kota Batang. Pantai Ujungnegoro merupakan kawasan teluk yang dikelilingi bukit-bukit dan satu-satunya pantai bertebing di Pantai Utara Jawa. Tepat di bawah tebing terdapat goa dan batu-batu karang sebagai area memancing.

4 Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu | wonderful indonesia

Pantai Teluk Penyu yang terletak di Kabupaten Cilacap memiliki ombak relatif kecil sehingga aman bagi pengunjung yang berenang. Dari Pantai Teluk Penyu, wisatawan bisa melihat Pulau Nusakambangan dari kejauhan serta perahu nelayan dan kapal-kapal besar yang hilir mudik ke pelabuhan. Selain itu wisatawan juga menyewa perahu wisata yang bisa mengantar wisatawan ke pulau Nusakambangan yang berpasir putih.

5 Pantai Indah Widarapayung

Pantai Indah Widarapayung terletak di Desa Widarapayung Wetan, Kecamatan Binangun, dan memiliki luas sekitar 60 hektar. Pantai Indah Widarapayung sangat landai dan memiliki deburan ombak yang besar dan teratur sehingga sangat cocok untuk kegiatan selancar (surfing). Pantai ini dilengkapi fasilitas tempat berteduh, kolam renang, dan warung makan.

6 Pantai Morosari

Pantai Morosari terletak di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, dan berbatasan dengan kota Semarang, tepatnya di Desa Bendono. Lokasi Pantai Morosari kira-kira 3,5 km dari Jalan Raya Semarang-Demak. Di tengah laut ada makam Syah Mudzakir yang tidak tenggelam meski air laut pasang. Selain itu wisatawan juga bisa menyewa perahu untuk menyusuri hutan mangrove.

7 Pantai Kartini

Pantai Kartini terlatak 2,5 km ke arah barat dari Kota Jepara tepatnya di Jl. Ade Irma Suryani. Pantai Kartini cocok menjadi obyek wisata keluarga karena dilengkapi fasilitas mainan anak, kereta wisata, dan perahu wisata. Selain itu di area pantai itu juga ada Kura-kura Ocean Park di mana di dalamnya terdapat akuarium besar yang berisi ikan-ikan laut dan 1 kolam sentuh (touch pool) yang berisi ikan air tawar.

8 Pantai Bandengan

Pantai Bandengan atau Pantai Tirta Samudra terletak di Desa Bandengan, sekitar 5 km dari pusat Kota Jepara. Pantai berpasir putih dan air jernih ini merupakan pantai wisatawan mancanegara. Pantai Bandengan ini juga merupakan tempat yang menjadi kenangan manis RA Kartini semasa kecilnya. Pantai Bandengan dilengkapi fasilitas resort dan aneka permainan seperti ATV, banana boat, kano, dan perahu wisata.

9 Pantai Pulau Panjang

Dari Pantai Kartini, wisatawan bisa menaiki kapal wisata selama 10 menit menuju Pulau Panjang. Pulau Panjang memiliki pantai berpasir putih dan laut dangkal dengan dasar terumbu karang. Bagian tengah pulau merupakan struktur hutan tropis dengan pohon-pohon besar dan tinggi menjulang diselingi perdu dan semak dijadikan tempat bagi burung laut bermalam dan berkembang biak. Wisatawan bisa menikmati hutan bakau, pasir putih, dan trekking keliling pulau.

10 Pantai Ayah

Pantai Ayah atau disebut juga Pantai Logending terletak di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Dari Goa Jatijajar, wisatawan bisa menuju selatan dengan dengan kendaraan pribadi dalam waktu sekitar 10 menit. Daya tarik Pantai Ayah ini adalah hutan wisata, bumi perkemahan, wisata dan jembatan di atas air sepanjang 540 m.

11 Pantai Karang Bolong

Nama Karang Bolong bermakna batu karang yang berlubang. Terletak sekira 18 km ke arah selatan kota Gombong, selain panorama pantai dan laut, Pantai karang bolong dikenal karena goa hunian burung lawet yaitu Goa Pasir, Goa Karangduwur, dan Goa Karang Bolong. Pengunduhan sarang lawet dilakukan 4 kali yaitu pada musim 2, 4, 7, 9 ( kalender Jawa ).

12 Pantai Cahaya & Sendang Sikucing

Pantai Cahaya dilengkapi dengan pentas lumba-lumba, waterpark, panggung hiburan, mainan anak, hutan wisata, mini zoo, kolam renang, kolam ajaib dan terapi lumba-lumba. Pantai ini terletak di desa Sendang Sikucing, kecamatan Rowosari sedangkan Pantai sendang sikucing terletak tidak jauh dari Pantai cahaya, hanya beberapa menit, karena memang satu wilayah dengan Pantai Cahaya. Pantai ini menawarkan keindahan panorama pantai saat matahari terbit dan tenggelam. Pengunjung juga dapat menaiki perahu / banana boat atau melihat proses pembuatan ikan asin.

Selamat berlibur dan menikmati indahnya Pantai di Jawa Tengah

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...