September 9, 2017

6 Tempat Wisata Tercantik Dan Indah Di Kabupaten Kepulauan Meranti

Tempat wisata alam di Kepulauan Meranti - Kabupaten meranti merupakan daerah kepulauan yang didominasi oleh 3 pulau, yaitu: 1. pulau Merbau, 2.Rangsang dan 3.Tebing Tinggi. Nama “Meranti” diambil dari singkatan masing-masing pulau tersebut.

Kepulauan meranti merupakan kota yang sangat padat, itulah sebab nya kabupaten meranti ini merupakan jalur akses bagi sebagian besar Masyarakat Riau menuju ke Provinsi Kep. Riau, selain itu juga merupakan jalur penghubung perjalanan dengan negara sebelah yaitu Malaysia dengan mengunakan transportasi jalur laut.

Kabupaten meranti tidak beda dengan kabupaten lainya di Indonesia, juga mempunyai destinasi wisata menarik yang bisa menjadi rekomendasi anda ketika berkunjung ke Meranti.

Berikut ini adalah 6 Tempat Wisata alam yang indah dan cantik di Kabupaten Kepulauan Meranti yang bisa anda kunjungi ketika berlibur di Kabupaten Kepulauan Meranti :


1. Pantai Motong
Motong atau tanjung motong merupakan wilayah pesisir di Kep meranti, letak daerah ini berada di ujung barat pulau rangsang tepatnya di desa Permai (dulunya desa Bantar).

Pantai Motong

Pantai motong sangat indah, dari pantai ini anda bisa melihat laut Selat malaka yang luas dan tenang, ada juga bebatuan yang sengaja di taruh dipinggir pantai sebagai pemecah ombak, bebatuan inilah yang kemudian menambah daya tarik dan keeksotisan pantai.

Selain menikmati indahnya laut, di pantai motong anda juga bisa menikmati beberapa kuliner termasuk “Mie Sagu” (kuliner khas meranti), Sebab disini terdapat caffe sederhana yang siap menyambut kedatangan anda. Selain itu ada juga pondopo kecil dan peranginan yang dibuat secara tradisional (dari atap daun rumbia/ daun sagu) untuk bersantai dan melepas lelah disini. 

2. Pantai Ceria
Pantai Ceria adalah Objek Wisata di Kabupaten Meranti yang menarik dan memiliki keindahan yang alami. Ceria sendiri singkatan dari Centai, Riau, Indonesia, nama Pantai tersebut diambil dari nama lokasi tempat pantai ini berada di Desa Centai, Pulau Merbau kabupaten Meranti Indonesia.

Pantai Ceria

Objek wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan dan warga setempat, apalagi pada saat hari liburan. Di pantai Ceria anda bisa melihat keeksotisan wisata laut selat malaka yang luas dan tenang.

Namun selain itu anda juga dapat menemukan keunikan lain di pantai ini, yaitu hadirnya biota laut yang disebut masyarakat sekitar dengan sebutan Mentarang. Mentarang adalah sejenis hewan laut (biota laut) mirip tiram dan masih termasuk kedalam keluarga kerang-kerangan, uniknya hewan yang biasanya dijadikan masakan ini hanya ada pada musim-musim tertentu saja, dan biasanya berbarengan dengan musim durian didaerah tersebut. 

3. Pulau Legenda Dedap Durhaka

Pulau Legenda Dedap Durhaka, berlokasi di Selat Bengkalis, Kecamatan Merbau, pulau yang mempunyai legenda sama seperti legenda Malin Kundang di Padang/Sumatera Barat, kisah seorang anak lelaki Melayu yang telah merantau kaya raya yang bernama Dedap yang durhaka kepada ibunya dan dikutuk.

pulau-dedap-durhaka

Di pulau ini terdapat pohon mempelam (mangga) yang mana buah bagian atasnya manis rasanya dan bagian bawah asam rasanya dan terdapat sepasang kera sebagai penunggu pulau ini.   

4. Tasik Putri Pepuyu

Berlokasi Desa Tanjung Padang / Pulau Padang Kecamatan Merbau, merupakan daerah di tengah hutan lindung yang belum banyak disentuh oleh manusia sehingga belum ada kerusakan dan perubahan.

Tasik Putri Pepuyu

Tasik Putri Pepuyu terkenal denga legenda tentang cinta Raja Terubuk dan Putri Pepuyu yang tidak kesampaian. Tasik Putri Pepuyu mempunyai potensi wisata seperti berkemah, berperahu dan lain-lain.

5. Tasik Nembus

Penemuan objek wisata Tasik Nambus ini rupanya ditemukan oleh dua orang pemburu yang bernama yakni leman Bin denen dan Lasa sejak tahun 1936 lalu. Tasik Nambus ini berlokasi di Desa Tanjung Darul Takzim, Kecamatan Tebing tinggi Barat., kira-kira 30 menit dengan menggunakan jalan darat dari pelabuhan Selat Panjang. 

tasik-nembus

Tasik Nambus dikelilingi hutan lindung, selama bulan syafar masyarakat setempat melakukan pemandian di danau ini.

6. Tasik Air Putih
Satu-satunya tasik terlebar di kabupaten Kepulauan Meranti yaitu 800 meter yang terletak di Pulau Rangsang sebelah selatan Kota Selatpanjang.

Tasik-Air-Putih

Tasik ini dapat dicapai melalui Desa Teluk Samak dan Desa Tanjung Samak yang merupakan ibukota Kecamatan Rangsang. Di sepanjang tepi tasik ditumbuhi oleh pohon palem merah menjadikan fenomena keunikan yang tidak dijumpai di tasik lain. Selain itu, terdapat juga pulau yang berada di tengah tasik yang menjadikan nilai tambah.

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...