August 10, 2017

Sunrice Plus Udara Sejuk Bukit Sikunir - Desa Sembungan Dieng

Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan, yang merupakan Desa tertinggi di Pulau Jawa dan merupakan sebuah bukit yang memiliki panorama berupa sunrise yang indah. Bukit Sikunir Dieng Wonosobo merupakan salah satu tempat wisata di kawasan dataran tinggi Dieng yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik di hari libur maupun pada hari biasa.
dieng Indonesia | wonderful Indonesia

Sunrice Bukit Sikunir

Untuk waktu terbaik menikmati sunrise adalah sekitar pada Bulan Juli-agustus dimana pada bulan itu merupakan musim kemarau sehingga langit akan tampak bersih dan tidak ada hujan. Namun karena pemandangan yang dinikmati adalah matahari terbit atau sunrise, anda harus datang ke spot pengamatan Bukit Sikunir Dieng ini pada waktu fajar atau pagi buta. Biasanya para wisatawan akan menginap di penginapan, homestay atau hotel yang banyak terdapat di seputaran Kawasan Dieng plateau.
pengunjung sikunir

Sunrise di Dieng ini menjadi salah satu wisata andalan di Dieng plateau. Di puncak bukit Sikunir dengan ketinggian 2 232 meter dari permukaan laut ini, golden sunrise terbaik seasia tenggara menyapa para wisatawan setiap paginya.
bukit sikunir

Tentang Sikunir

Bukit Sikunir Dieng mulai pertama di populerkan pada tahun 1982 oleh pemandu lokal Dieng yang kemudian di cantumkan di buku panduan wisata dunia pada tahun 1984. Kunjungan ke bukit Sikunir kian meningkat terutama beberapa tahun ini seiring makin majunya kepariwisataan di daerah kawasan Wisata Dieng.
sikunir dieng

Pesona Keindahan Bukit Sikunir

Meski yang paling dicari saat para wisatawan berkunjung ke Sikunir adalah sunrisenya, sebenarnya pesona keindahan Sikunir bukan hanya itu. Di Sikunir anda juga bisa menyaksikan pemandangan gunung-gunung berjejer dari tempat ini. Mulai dari gunung Sindoro, gunung Slamet, gunung Pakuwaja dan lain sebagainya. Wisatawan yang banyak berkunjung ke Dieng kebanyakan datang dari kota kota besar di pulau Jawa. Jakarta mendominasi kebanyakan dari mana mereka datang. Udara yang sangat sejuk dan panorama alam yang baik masih menjadi pertimbangan untuk memutuskan mereka memilih Dieng. Wisatawan yang datang dari pulau lain masih belum banyak. Penduduk Semarang sebagai penduduk terbanyak ke dua yang mengunjungi Dieng. Alasan berwisata ke Dieng karena dua kota besar tersebut adalah area yang panas dengan aktifitas tinggi para penghuni kota tersebut. Senang bagi mereka untuk bisa menikmati hijaunya area dataran tinggi Dieng yang sangat bersih udaranya.
sunrice sikunir

Dari puncak Sikunir pengunjung juga dapat menikmati pesona panorama pemandangan pegunungan Dieng yang terhampar luas kemana arah mata memandang. Barisan perbukitan dan pegunungan dengan kerlip lampu desa-desa dibawahnya menjadi pemandangan yang menakjubkan sebelum matahari beranjak menerangi kawasan tersebut.
Kemesraan sikunir

Letak dan Lokasi Sikunir Dieng 

Lokasi bukit Sikunir berada di desa Sembungan Dieng kecamatan Kejajar kabupaten Wonosobo – Jawa Tengah. Jika dilihat pada peta, Sikunir berada dikisaran Koordinat Latitude :-7.2382859, Longitude:109.9241861.

Akses ke Sikunir

Akses yang paling sering digunakan oleh para wisatawan untuk mencapai bukit sikunir adalah melalui desa Sembungan. Untuk mencapai desa sembungan dibutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan dari kawasan wisata Dieng, atau sekitar 1 jam perjalanan jika anda menginap di kota Wonosobo. Sesampainya Sembungan dilanjutkan pendakian antara 20 menit hingga 35 menit untuk menjangkau puncaknya.

Info Penginapan dan atau Homestay dekat Sikunir dan Dieng.

Banyak pilihan penginapan yang bisa di dapatkan untuk bermalam di desa Sembungan, homestay Cahaya Sembungan dengan pelayanan yang extra ramah dan memberikan nuansa yang sangat akrab, mereka sudah sangat luwes melayani tamu , memberikan suguhan yang mereka miliki yang berupa makanan lokal, teh panas , kopi , jahe, atau minuman hangat lainnya, dan yang paling utama adalah harga yang sangat ekonomis, dan berbeda dengan tempat wisata lainya.
Selamat menikmati keindahan Bukit sikunir, Desa Sembungan, Desa tertinggi di Pulau Jawa.

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...