April 9, 2017

Surga Yang Tersembunyi Di Pantai Sawarna Lebak Provinsi Banten

Letak Pantai Sawarna terpencil dan tersembunyi, begitu juga akses untuk menuju ke pantai ini cukup sulit dijangkau, tidak  membuat pengunjung menyerah. Mereka tetap berkunjung ke wisata Pantai Sawarna ini, Sebab keindahan pantai Sawarna laksana surga yang tersembunyi di wilayah terpencil. hamparan pasir putih bersih di sekitar pantai. Ada karang yang menjulang di antara pantai.

Pantai sawarna banteb
Jomblo Di Pantai Sawarna

Pantai Sawarna merupakan salah satu objek wisata andalan di Banten karena keindahannya. Keindahan Pantai Sawarna menjadi salah satu pantai terindah dari beberapa pantai yang ada di provinsi Banten. Karena deburan ombaknya yang dahsyat, tidak jarang banyak pengunjung baik wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin berselancar di pantai ini.


Panorama Pantai Sawarna | Sunset

Misteri Pantai Sawarna
Menurut cerita para sesepuh Banten selatan, karang dua adalah jelmaan dari 2 buah kekuatan layar perahu. Layar perahu itulah yang ingin dipakai Sangkuriang berlayar mengarungi Samudra Selatan bersama Dayang Sumbi, yang ternyata ibu kandungnya. Namun Sang Hyang Widi tidak mengijinkan kehendak Sangkuriang, sehingga peralatan untuk membuat perahu rusak. Sangkuriang marah dan menendang semua peralatan perahu. Termasuk layarnya ke sebelah bagian utara dan berubahlah menjadi gunung besar atau sekarang disebut Tangkuban Perahu.

Keindahan Pantai Sawarna

Adapun layar-layar perahu yang besar dilempar ke bagian selatan Pulau Jawa dan berubahlah menjadi karang yang kokoh dan tegar di pantai selatan. Karang inilah yang dikenal berada di pantai Sawarna, desa Sawarna, kecamatan Bayah, Banten.

Diibaratkan 2 karang tanjung layar itu adalah 2 buah gunungan emas yang mengkilap dan bercahaya. Di atas 2 karang tersebut ada seekor naga yang menjaganya, dan di sebelah barat ke arah laut sekitar 10 meter dari Karang Tanjung Layar ada sebuah batu permata emas yang sangat mengkilap dan bercahaya. Berbagai cahaya warna memancar dari batu dan jika terjadi penampakan atau muncul ke permukaan.

Pantai sawarna Bayah Lebak


Nah, mitos yang dipercaya masyarakat setempat adalah para wisatawan yang datang kepantai tanjung layar pantai Sawarna dilarang berfoto di karang tersebut. Bukan karena keangkeran dari dua karang ini, tapi foto di atas karang juga sangat berbahaya bagi keselamatan Anda.
Selain larangan selfie di karang, wisatawan pantai Sawarna juga tidak diperbolehkan melakukan hal-hal yang terlarang. Hal-hal terlarang itu semisal berhubungan badan, berciuman ataupun kencing sembarangan. Jika hal-hal tersebut dilanggar, maka karang yang ada di Pantai Sawarna ini akan pecah dan terbelah dua. Wah, mengerikan sekali ya.
Sebenarnya bukan hanya karena menghormati mitos yang berlaku saja, sudah sewajarnya jika wisatawan bisa menjaga perilakunya ketika sedang berada di alam terbuka. Alam adalah tempat yang harus dijaga karena itu adalah karunia yang harus disyukuri sedemikian rupa. Bukan justru dirusak dengan melakukan hal-hal yang senonoh, membuang sampah sembarangan ataupun kencing dengan seenaknya.

Panorama Pantai Sawarna Lebak Banten
Cowok Jomblo Pantai Sawarna

Selain mitos di atas, tidak ada larangan memakai baju berwarna hijau seperti yang berlaku di pantai-pantai pesisir selatan. Anda boleh menggunakan baju apa saja, hanya perilaku yang harus dijaga dengan sebaik mungkin.Yah, namanya juga mitos bisa Anda percaya atau tidak. Hanya Tuhan yang tahu kebenarannya.

Info jalan / Rute menunju Pantai Sawarna
=Dari Jakarta - Serang - Pandeglang - Saketi - Malingping - Bayah - Pantai Sawarna.
=Dari Bogor - Rangkasbitung - Malingping - Bayah - Pantai Sawarna, atau dari Bogor - Pelabuhan Ratu - Cisolok - Pantai Sawarna.
=Dari Bandung - Sukabmui - Pelabuhan Ratu - Cosolok - Pantai Sawarna.
Perlu hati-hati jika bawa kendaraan, karena jalan menuju Pantai Sawarna sangat ekstrim banyak kelokan dan tanjakan tajam.

wonderful Indonesia

Curug Sewu

Taman wisata air terjun Curugsewu adalah taman wisata dengan fasilitas terlengkap di wilayah kecamatan Patean kabupaten Kendal. Curug...